Google Siapkan YouTube Go, Aplikasi Video yang Lebih Hemat Kuota

0
YouTube
YouTube

RANCAH POST – Google dikabarkan tengah menyiapkan sebuah aplikasi baru yang dinamai YouTube Go. Aplikasi ini adalah versi lain dari YouTube yang hadir untuk pengguna dengan konektivitas terbatas. Aplikasi ini memang didesain untuk pengguna di wilayah tertentu, khususnya India, dimana ia akan meluncur di sana lebih dulu sebelum meluncur secara global.

Google sendiri menggambarkan YouTube Go sebagai aplikasi baru untuk aktivitas offline, dengan fungsi sosial dan tetap hadir dengan fitur inti dari YouTube itu sendiri, yakni seperti rekomendasi khusus dengan tampilan interface yang lebih sederhana serta lebih memudahkan para pengguna untuk saling terhubung satu sama lain.

Sebagaimana aplikasi inti YouTube, aplikasi baru YouTube Go ini juga akan dilengkapi daftar video populer di halaman home, dengan preview yang bisa dilihat pengguna sebelum memutuskan untuk menonton atau mengunduh vidoe tersebut.

Yap, tidak seperti YouTube yang menawarkan video secara streaming, penguna YouTube Go akan bisa mengunduh video favorit mereka untuk ditonton nanti. Aplikasi ini juga akan lebih hemat data, karena pengguna bisa memilih resolusi video sebelum menonton atau menyimpannya, serta akan ada informasi mengenai berapa banyak kuota yang diperlukan untuk menikmati video ini.

Dan untuk memaksimalkan penghematan data, pengguna yang berada di lokasi sama, atau berdekatan seperti teman dan keluarga juga bisa saling berbagai video tanpa perlu memakai koneksi data. Nantinya video ini akan dikirim dan diterima via aplikasi.

Melalui aplikasi baru ini, Google ingin menjelaskan bahwa konektivitas tidak perlu menjdadi halangan bagi para pengguna untuk menikmati layanan YouTube. Kini mereka bisa menikmati layanan berbagi vide paling populer ini dengan lebih hemat dan bersahabat di kantong.

Ide ini sendiri muncul setelah BP YouTube Product Management YouTube, Johanna Wright, beserta tim insinyur, desainer dan peneliti mengunjungi 15 kota di India, untuk mencaari dan mengumpulkan ide baru dan menguji prototipe terhadap ratusan orang terpilih.

YouTube Go sendiri tampaknya masih belum akan meluncur tahun ini. Google mengaku masih membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mengumpulkan tanggapan dari para pengguna dan memperbaiki aplikasi YouTube Go, hingga saat meluncur nanti, aplikasi ini bisa menawarkan performa maksimal dedngan pelayanan memuaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here