RANCAH POST – Apple akhirnya resmi memperkenalkan flagship sekaligus ponsel terbarunya tahun ini, Apple iPhone 7. Ponsel mini dengan ukuran 4,7 inci ini hadir dengan beberapa pembaruan baik di sisi spesifikasi maupun desain dibandingkan dengan pendahulunya, Apple iPhone 6s.

Perubahan tampak terlihat jelas pada desain band antena yang kini tidak melintang di punggung ponsel, melainkan dibuat lebih rapi mengikuti bagian tepi ponsel. Body ponsel iPhone 7 ini juga kini hadir lebih tangguh dengan sertifikasi IP67 yang mengindikasikan kemampuan tahan terhadap air dan debu, serta bisa bertahan di bawah tekanan air tawar hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Selain itu, Apple iPhone 7 baru ini juga menawarkan dua pilihan warna baru seperti yang dirumorkan sebelumnya, yakni pilihan warna Jet Black dan Black.

Rumor lain yang terbukti kebenarannya adalah lenyapnya jack audio 3,5mm pada iPhone 7 terbaru ini, dimana kini pengguna diberi pilihan EarPod dengan konektor Lightning sebagai pengganti earphone lama, plus sebuah adaptor jack 3,5mm to Lightning sebagai bonus tambahan agar headphone atau earphone kesayangan Anda tidak mubadzir.

Pembaruan lain juga tampak jelas pada tombol home yang kini dibuat pressure sensitive dimana pengguna tidak perlu menekan tombol. Cukup menyentuhnya dan mereka akan berfungsi layaknya ditekan, dengan tetap memberikan feedback berupa getaran yang memberi sensasi tekanan di jari pengguna. Ponsel ini juga dibekali audio speaker stereo di bagian atas dan bawah ponsel yang tentu menggandakan kualitas dan jangkauan Audio iPhone 7 ini.

Ponsel Apple iPhone 7 baru juga tampil lebih ramping dan ringan dari model sebelumnya. Dengan bobot hanya 138 gram saja dan dimensi body berukuran 138.3 x 67.1 x 7.1 mm.

Untuk kamera sendiri, Apple iPhone 7 ini dibekali kamera utama 12MP dengan lensa enam elemen f/1.8 yang dibekali dukungan fitur OIS. Sensor ini menjanjikan kecepatan hingga 60% lebih baik dan 30% lebih efisien dibanding sensor pada model sebelumnya.

Sementara untuk dukungan LED Flash, ponsel ini mendapat peningkatan dengan tambahan LED hingga 4 buah. Dan kamera depan juga turut ditingkatkan jadi 7 Megapiksel dengan kemampuan merekam video FHD 1080p.

Untuk performa pacu, ponsel Apple iPhone 7 ini ditanami chipset Apple A10 Fusion baru yang diklaim lebih baik. Chip ini dibekali dukungan CPU quad-core dengan 3,3 miliar transistor. Empat core tersebut terdiri dari dua Core dengan kinerja tinggi dan dua Core lain menawarkan efisiensi daya.

Dua Core berkinerja tinggi tersebut diklaim mampu memberikan performa hingga 40% lebih baik dari chip A9 sebelumnya dan hingga 2 kali lebih baik dari Chip A8. Sementara dua Core hemat daya lain menawarkan efisiensi daya hingga 20%.

Bukan cuma CPU, namun GPU pada chip A10 baru ini juga diklaim lebih baik dengan dukungan hexa-core yang mampu memberikan performa hingga 50% lebih cepat dan 66% lebih kuat dibanding GPU pada A9.

Tidak hanya performa, Apple iPhone 7 ini juga dibekali baterai lebih baik yang diklaim akan mampu bertahan dua jam lebih lama dibanding baterai pada iPhone 6s. Sementara untuk layar, ponsel ini masih menawarkan ukuran 4,7 inci dengan layar Retina yang diklaim 25% lebih cerah dari pendahulunya. Layar baru ini juga dilengkapi dukungan fitur 3D Touch yang lebih baik.

Apple iPhone 7 ini akan hadir dalam dua varian, yakni model 32GB yang dibanderol mulai USD649 atau Rp8,4 jutaan dan model 128GB dengan harga mulai USD849 atau Rp11,1 jutaan. Apple iPhone 7 akan resmi tersedia mulai 16 September mendatang, dengan pre-order yang akan dimulai 9 September besok.

Share.

Leave A Reply