Connect with us

Festival Layang-Layang di Tasikmalaya Dimeriahkan Helaran Budaya dan Balapan Kerbau

Festival Layang-Layang di Tasikmalaya Dimeriahkan Helaran Budaya dan Balapan Kerbau

Berita Jabar

Festival Layang-Layang di Tasikmalaya Dimeriahkan Helaran Budaya dan Balapan Kerbau

BERITA TASIKMALAYA, RANCAH POST – Layang-layang dengan berbagai ukuran dan jenis menghiasai langit pantai Pasanggrahan, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (31/8/2016).

Mulai dari layang-layang berbentuk kupu-kupu raksasa, spinar pelangi, hingga layang-layang terpanjang bernama train diamond. Kesemua layang-layang itu pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang sengaja datang menghadiri serangkaian acara gelar budaya yang dihelat Pemkab Tasikmalaya Jawa Barat.

Kokos, pihak penyelenggara Festival Layang-Layang Cipatujah menerangkan, pada festival kali ini terhitung sedikitnya 40 layang-layang yang diterbangkan. Untuk para pesertanya, mereka berasal dari beberapa daerah semisal Bandung, Pangandaran, Cilacap, dan Jogjakarta. “Sayangnya tidak ada peserta dari Tasikmalaya, entah kenapa tidak ada yang mendaftar,” tutur Kokos.

Menurut Kokos, festival layang-layang kali ini bisa dikatakan istimewa. Hal ini tak lain dengan hadirnya peserta yang akan menerbangkan layang-layang warna-warni berukuran raksasa yang dinamai spiner. Selain itu, ada pula layang-layang beraneka warna yang panjangnya mencapai 250 meter dan baru pertama kali ini hadir di Festival Layang-Layang Cipatujah.

“Acara ini bagus untuk menarik datangnya wisatawan, terlebih lagi acara ini diselenggarakan bersamaan dengan helaran budaya dan balapan kerbau,” katanya.

Sementara itu Pupung (18), peserta festival layang-layang asal Pangandaran menuturkan, dirinya kerap kali mengikuti kegiatan tersebut. Untuk kali ini, dirinya menerbangkan layangan yang diberi nama setan kait. “Sekarang sedang tidak ada angin, jadi sulit untuk menerbangkannya,” kata Pupung.

Adapun Taufik, Kepala Pengembangan Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, sebagaimana dilansir Pikiran Rakyat mengatakan, kegiatan festival layang-layang ini merupakan rangkaian kegiatan promosi wisata yang diharapkan dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah perairan Tasikmalaya wiayah selatan yang masih rendah.

Tahun ini lebih ramai dari tahun sebelumnya. Ribuan pengunjung dari Tasikmalaya hingga daerah lain turut berkunjung. Mudah-mudahan even ini bis mengenalkan wisata laut Tasikmalaya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Jabar

Advertisement
To Top