Connect with us

Sudah Disebar, Ini Daftar Smartphone Pertama yang Dapat Update Android 7.0 Nougat

Sudah Disebar, Ini Daftar Smartphone Pertama yang Dapat Update Android 7.0 Nougat

Software

Sudah Disebar, Ini Daftar Smartphone Pertama yang Dapat Update Android 7.0 Nougat

RANCAH POST – Akhirnya Google telah merampungkan persiapan untuk OS tebaru mereka, dan kini mulai menyebar update Android 7.0 Nougat untuk sejumlah perangkat tertentu. Perangkat-perangkat ini dikabarkan bakal menjadi yang pertama menerima update Android Nougat dan akan bisa menikmati update ini melalui jalur Over-the-Air (OTA).

Tentunya barang pasti bahwa produk unggunal Google sendirilah yang akan menjadi perangkat pertama yang menerima update ini. Dimulai dari lini Nexus, seri baru Pixel C dan disusul Android One.

Adapun daftar ponsel Androi yang akan mendapat update ke versi 7.0 Nougat ini diantaranya adalah Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan seri Android One.

Untuk seri Nexus sendiri mungkin hanya akan ada beberapa perangkat saja yang menerima update ini, dan meski baru ada 5 ponsel saja yang dikatakan bakal menerima update, namun kemungkinan nanti akan bertambah seiring berjalannya waktu. ‘

Sementara untuk seri Android One, memang sudah jadi janji Google bahwa semua model Android One akan selalu mendapat update ke OS terbaru mereka, dan bisa dipastikan bahwa semua seri Android One ini akan diupdate, meski kemungkinan akan digilir sesuai dengan wilayah pengguna.

Proses penyebaran OS terbaru Android untuk lini Nexus sendiri dipastikan bakal rampung dalam beberapa minggu ke depan. Dengan sementara ini hanya ada beberapa pengguna beruntung saja yang bisa mencicipi Android Nougat lebih awal.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa mencoba OS baru ini. Karena jika memang ngebet pengen coba, Anda bisa melihat detaiil desain dan fitur terbaru Android Nougat pada laman resmi Android saat ini juga.

Menurut laporan, OS Android 7.0 Nougat baru ini menawarkan sejumlah pembaruan di sisi fitur utama seperti penambahan 72 emoji baru, kemampuan menyetel beberapa bahasa lokal sekaligus, fitur multi-window view, serta dukungan API Vulkan untuk gamers. Selain itu ada pula beberapa aplikasi default dan fitur lainnya yang telah dirombak dan diharapkan bisa mempermudah aktivitas keseharian pengguna.

Untuk Anda yang memakai ponsel Nexus, Anda bisa mencoba memeriksa apakah update Android Nougat sudah tersedia untuk ponsel kesayangan Anda atau tidak. Caranya cukup mudah, tinggal pilih menu “Settings” > “About Phone” kemudian tekan opsi “Software Update”.

Jika update Android 7.0 Nougat memang sudah tersedia untuk ponsel Anda, maka handset Nexus kesayangan Anda tersebut akan langsung mengunduh pembaruan ini. Namun tetap perhatikan juga untuk melakukan back-up sebelum memperbaharui sistem. Karena ditakutkan terjadi kesalahan dalam proses update yang bisa berdampak pada ponsel Anda.

Nah, bagaimana dengan ponsel lain diluar jangkauan Google (Nexus dan Android One)? Tenang, untuk seri ponsel dari vendor seperti Xiaomi, Samsung dan lainnya akan mendapatkan update setelah pihak vendor selesai menyempurnakan OS ini untuk kebutuhan ponsel terkait.

Beberapa ponsel seperti Xiaomi dan Samsung biasanya menghadirkan OS Android terbaru dalam balutan UI kembangan sendiri, seperti MIUI dari Xiaomi dan TouchWiz dari Samsung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Software

Advertisement
To Top