23.4 C
Ciamis
BerandaTeknologiReviewReview LeTV LeEco Le 1 Pro Indonesia

Review LeTV LeEco Le 1 Pro Indonesia

RANCAH POSTReview LeTV LeEco Le 1 Pro Indonesia. Bicara soal hp Android murah namun berkualitas, tanpa basa basi kita pasti langsung melirik Xiaomi. Pabrikan smartphone asal China yang memang sudah cukup kental dengan kesan tersebut. Namun benarkah hanya Xiaomi yang jadi pilihan di kategori ini?

Rasanya tidak, soalnya masih ada vendor lain yang juga berasal dari China, yang mampu menawarkan sebuah smartphone dengan performa badas, namun tetap terjangkau. Salah satunya adalah LeTV dengan salah satu produk andalannya LeEco Le1 Pro. Meski sudah tidak lagi menyandang gelar sebagai andalan, namun ponsel yang bisa dibilang cukup kakap ini masih cocok dan pantas untuk diandalkan.

Dukungan fitur keren nan premium, balutan body logam berkualitas, penampilan layar jernih berteknologi tinggi serta dukungan multimedia yang benar-benar lengkap dan memuaskan telah siap ditawarkan oleh LeEco Le One Pro satu ini.

Le One Pro ini memang tidak dibekali dengan dukungan perangkat VR bawaan seperti halnya Lenovo Vibe K5 Plus yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu di Indonesia, namun untuk kualitas VR, dijamin ponsel ini bisa lebih unggul. Demikian pula dengan performa gamming dan lain sebagainya.

Dan satu hal lagi yang menarik dari ponsel pabrikan China satu ini adalah harga terjangkau yang ditawarkannya. Untuk setiap detail spesifikasi kakap, performa maksimal, desain apik dan menawan yang ditawarkannya. Semua itu dibanderol dalam satu kategori harga yang tidak terlalu mendesak. Ponsel ini dijual hanya senilai USD199 atau setara dengan Rp2,6 jutaan saja. Cukup terjangkau bukan?

Namun apakah dengan harga semurah ini kita akan bisa mendapatkan performa maksimal, fitur keren dan memenuhi berbagai kebutuhan lainnya? Mari kita ulas dalam review kali ini.

Spesifikasi Singkat LeTV LeEco Le1 Pro

KONEKSI MOBILE
Teknologi 2G / 3G HSPA / 4G LTE
2G bands 850/ 900/1800/1900MHz
3G bands WCDMA 850/900/1900/2100MHz
TD-SCDMA B34/B39
4G bands FDD-LTE 1800/2100/2600MHz
TDD-LTE B38/B39/B40/B41
Speed HSDPA / 4G LTE
GPRS Ya
EDGE Ya
BODY
Dimensi  147.9mm x 73.5mm x 9.5mm
Berat  177 gram
SIM Dual SIM Card, Dual standby, MicroSIM + NanoSIM
Plus Body Metal
LAYAR
Tipe IPS LCD Capacitive touhscreen, 16M colors
Ukuran 5,5 Inci
Resolusi 2K 1440 x 2560 piksel (538ppi)
Multitouch Ya
PLATFORM
OS Android 5.0 Lollipop dengan LeTV EUI
Chipset Qualcomm Snapdragon 810
CPU Quad – core1.5GHz A53 + quad – core 2.0GHz A57
GPU  Adreno 430
MEMORI
RAM 4GB
Internal 64GB
KAMERA
Kamera Utama 13 MP f/2.0, Autofocus, OIS, LED Flash
Fitur HDR, Panorama, Face Detection, Geo-tagging
Video video 4K@30fps, 1080p, 720p
Kamera Selfie 4.0MP f/2.0 wide-angel
KONEKTIVITAS
WLAN WiFi 802.1 b/g/n/ac, support wifi display
Bluetooth  Yes, 4.1 Version,support ATP-X
GPS  Yes,GPS+AGPS+Glonass+Beidou Navigator
USB USB tipe-C 2.0 interface
BATERAI
Stand-by 3000 mAh Non-Removeable
Warna  Silver, Gold

Kelengkapan Paket Pembelian

Selain dari ponselnya yang memang dibuat lebih premium, penampilan dari box LeTV LeEco Le1 Pro ini juga tampak premium dan menampilkan kesan lebih mewah dan elegan. Dengan balutan warna hitam berbahan khusus yang cukup keren. Kemudian dengan warna emas di bagian dalam yang dibuat sedikit beongga, sehingga ketika dus dalam kondisi tertutup, kita akan melihat garis emas di sekeliling dus ponsel.

Kelengkapan Paket Pembelian

Nah untuk kelengkapan paket pembelian sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:

1 x Letv One Pro Smartphone (Built-in battery)
1 x USB Cable
1 x Charger
1 x USB Type-C to Micro USB Adapter
1 x SIM Card Needle
1 x User Manual

Body Premium Berbahan Metal

Untuk kelas Xiaomi, body metal dengan banderol harga di bawah Rp3 jutaan ini mungkin memang tidak terlalu mengherankan. Katakan saja Meizu dan Infinix yang juga mampu menghadirkan dukungan body berbahan premium pada kelas harga tersebut.

Demikian pula dengan LeEco Le One Pro ini, yang hadir dengan desain unibody berbahan metal premium yang menurut saya dibuat dengan cukup apik dan memiliki tampilan cantik. Kilatan logam di sekeliling sudut ponsel juga menambah indah penampilan LeEco Le1 Pro ini.

Dan untuk penampilan di bagian punggung, ponsel ini tampak hadir dengan desain jalur garis antena yang mirip seperti iPhone 6 dan iPhone 6s. Memang tidak dipungkiri bahwa banyak produsen China yang latah dengan desain ini, seperti Oppo dan HTC misalnya. Yang mungkin membedakan penampilan Le1 Pro dengan iPhone 6 ini adalah posisi kamera yang dibuat lebih di tengah, dengan ukuran kamera yang tampak lebih besar dengan LED Flash di bawahnya.

Jika untuk kamera sendiri, sepertinya lebih mirip dengan desain kamera pada hanset HTC 10, namun dengan dual-LED Flash yang diletakkan di bagian bawah kamera. Sementara punggungnya dibuat lebih melengkung sehingga memudahkan untuk digenggam dan cukup nyaman juga di tangan.

Ada beberapa hal yang menarik dalam penempatan tombol kontrol fisik di ponsel ini. Di bagian kiri terdapat 3 tombol. Yakni tombol volume yang dibuat menyatu yang dibuat lebih rendah sehingga mudah dijangkau. Sementara di sisi kanan terdapat tombol power yang dibuat lebih kecil, namun tetap mudah dijangkau. Yang menarik adalah di bagian atas tombol volume di sebelah sisi kiri ponsel, dimana terdapat sebuah switch fisik yang berfungsi untuk mengubah ponsel ke mode hening atau silent. Tombol ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Le One Pro dimana pengguna akan lebih mudah mengatur mode hening saat akan rapat atau melakukan pertemuan dan tidak perlu repot mencari di menu atau layar.

Bagian bawah ponsel juga dibuat lebih ringkas dengan Port USB tipe-C 2.0 terbaru di bagian tengah diapit oleh lubang speaker di sisi kiri dan kanan. Semenyara jack audio 3.5mm dipindah ke bagian atas ponsel, yang tetap tidak merusak penampilan. Sementara slot SIM dibuat lebih rapih dan diletakkan di atas tombol power.

Layar ponsel ini juga dibuat dengan desain bezeless, namun tetap dikelilingi garis hitam di sepanjang di seluruh sisi layar. Jika ditanya apa kelemahan body ponsel ini, mungkin bagian punggung yang dibuat dari logam, sehingga cukup mudah tergores dan meninggalkan bekas.

Layar 2K dengan Desain Bezeless

Sebuah panel layar IPS LCD rasanya sudah cukup untuk menampilkan gambar jernih, video lancar dan kebutuhan lainnya. Meski dalam hirarki saat ini layar jenis OLED atau AMOLED kadang dipandang lebih baik, namun pada kenyataanya perbedaan dari kedua layar ini tidaklah terlalu mencolok.

Layar pada LeEco LE One Pro ini memiliki ukuran 5,5 inci yang meski terbilang lebih besar, namun tetap nyaman di genggaman. Setidaknya pengguna tidak membutuhkan dua tanngan untuk menjaga ponsel tetap aman di genggaman. Dikombinasikan dengan resolusi QHD atau 2K dengan ukuran 1440 x 2560 piksel sudah cukup menampilkan gambar dan tampilan video jernih berkualitas tinggi di layar ponsel Anda.

Meski kabarnya layar dengan resolusi QuadHD itu dinilai lebih boros tenaga dan diakui atau tidak kualitas yang ditampilkan memang cukup berkelas. Meski ada yang mengatakan jika tampilan layar QHD dan FHD itu tidak begitu berbeda, namun lain ceritanya ketika dipakai dengan headset VR untuk menampilkan konten virtual reality.

Dan meski tidak dibuat khusu untuk VR, layar QHD yang dipakai terbukti mampu menampilkan kualitas grafis yang memuaskan, yang jelas lebih kakap dari layar Lenoov K5 Plus yang hanya mengusung resolusi FHD 1080p saja.

Dipasang dengan desain bezeless sehingga menembus bagian tepi ponsel, layar LeEco Le1 Pro ini mampu menampilkan desain lebih menawan, dengan sisi layar yang diberi garis warna hitam. Dan layar ini juga dilapisi Corning Gorilla Glass 3yang memiliki ketahanan cukup andal yang akan menghindarkannya dari luka. Namun untuk menghindari bahaya dan hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda tetap memakai pelindung tambahan.

Performa Badas dengan Prosesor High-end Snapdragon 810 dan 4GB RAM

Kelebihan lain yang membuat ponsel LeEco Le1 Pro ini pantas dikategorikan sebagai flagship adalah dukungan performa badas dari Snapdragon 810 yang menjadi andalan utama dalam hal dapur pacu. Diakui atau tidak, chipset satu ini memang merupakan andalan yang juga banyak dipakai pada ponsel kakap tahun lalu.

Sebut saja Sony Xperia Z4 atau dikenal juga dengan Z3+ dan Z5, HTC One M9, Xiaomi Mi Note Pro dan bahkan andalan Microsoft, yakni Lumia 950XL juga memakai prosesor yang sama.

Bagaimana performanya tidak maksimal, chip ini menawarkan dukungan CPU octa-core yang terdiri dari 4 chip Cortex-A53 1,5 GHz dan empat Cortex-A57 2 GHz yang menjanjikan performa maksimal dengan konsumsi daya lebih irit. Chip ini juga dilengkapi dukungan GPU dreno 430 yang mampu menawarkan pengalaman grafis luar biasa, hingga menangani layar dengan resolusi 2K pun bukanlah masalah.

Selain itu, tersedia pula dukungan memori mumpuni, dengan 4GB RAM super cepat yang dijamin akan membuat pengalaman gaming Anda lebih maksimal. RAM ini memang menawarkan ruang lebih besar sehingga Anda lebih bebas, baik saat bermain game, merekam video 4K, memutar konten 2K seperti video atau memutar film, hingga melakukan kegiatan dan memakai fungsi lain.

Namun demikian, prosesor Snapdragon 810 ini juga memiliki sisi gelap, dimana kegagalannya dalam memandu performa Xperia Z3+ dan mengakibatkan terjadinya overheat telah menghancurkan pasar Sony dan sekaligus memperburuk citra Snapdragon 810 ini yang mengunggulkan CPU octa-core. Sehingga untuk menstabilkan pasar, Qualcomm harus kembali memakai racikan quad-core pada penerusnya, Snapdragon 820.

Tapi tenang saja, meski ada sedikit agak anget-anget kuku pas make LeEco Le1 Pro untuk gaming kelas berat dan rekam video 4K, ponsel ini gak sampe mati ‘ngejpluk’ kayak Xperia Z3+ kok. Jadi Anda bisa sedikit merasa tenang.

Selain itu, dengan memasang aplikasi yang katanya melambatkan smartphone, seperti Facebook dan beberapa aplikasi berat lain, ponsel ini masih kuat dan terasa cukup ringan kok. 4GB RAM mana bisa dilawan. Dan bermain Pokemon Go juga rasanya cukup nyantai tanpa lag.

Memori Berkapasitas Besar

Selain dukungan 4GB RAM, pihak LeTV juga menyertakan dukungan memori internal dengan kapasitas 64GB pada ponsel ini. Sebuah memori yang bisa dibilang cukup luas, dimana memberikan ruang lebih untuk pengguna menyimpan file penting baik itu foto, video atau file lainnya.

Memori LeEco Le1 Pro

Memori 64GB ini juga bisa dikatakan sudah cukup untuk sebuah ponsel Android, sehingga pihak LeEco tidak menyertakan slot microSD untuk ekspansi memori sama sekali pada ponsel LeEco Le1 Pro ini.

Software Maksimal dengan UI Menawan

LeTV LeEco Le One Pro ini memakai OS Android 5.0 Lollipop yang meski bukan yang terbaru, tapi bisa dibilang cukup baru. Dan tidak lupa juga dibalut dengan EUI racikan LeEco sendiri.

UI yang dipakai ini bisa dibilang cukup simpel, menawarkan desain icon minimalis yang enak dipandang dan tidak merusak mata. Cantik, minimalis dan simpel. Sementara untuk menu, sayangnya ponsel ini tidak menawarkan tombol menu dan ruang full menu atau halaman dimana semua aplikasi ditampung.

Alih-alih membuat fungsi tersebut, setiap aplikasi yang diisntal akan ditampilkan di panel layar setelah layar homescreen. Jadi untuk mengakses aplikasi, cukup slide ke kanan dari tampilan homescreen.

Untuk aplikasi bawaan, ponsel ini cukup user-friendly dibandingkan Samsung yang kebanyakan membawa segudang aplikasi yang gak penting. Ada satu paket aplikasi bawaan yang disertakan dengan ponsel ini, namun itupun hanya aplikasi dari LeTV yang bisa dibilang cukup berguna dan tidak terlalu banyak. Dan jika tidak suka, bisa langsung Anda non-aktifkan dari menu setting, maka semua aplikasi bawaan akan dihilangkan (hanya dinonaktifkan). Ini jelas lebih simpel dibanding harus mematikan aplikasi bawaan satu per satu.

Penempatan fungsinya juga cukup berbeda, dan malah lebih seperti iOS dibanding Android. Saat menggeser jari dari atas ke bawah, akan muncul kolon notifikasi, yang hanya menampung notifikasi. Geser layar ke kiri akan menampilkan menu aplikasi, geser homescreen ke kanan Anda akan membuka aplikasi berita bawaan LeTV. Dan jika ingin membuka Quick-access seperti mengaktifkan data seluler, WiFi, Bluetooth dan shortcut lain, maka Anda hanya perlu menekan tombol multitasking di sebelah kiri tombol home pada panel tombol kapasitif. Selain menampilkan jendela panel aplikasi yang aktif, tampilan ini juga memuat berbagai fungsi shotcur dan quick-access untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari mengaktifkan WiFi, data seluler, GPS, Bluetooth dan lain sebagainya. Mengatur kecerahan layar, hingga mengakses fungsi kamera, senter dan fungsi penting lainnya. Anda juga akan bisa mengganti tema UI dengan mudah melalui menu Setting.

Kamera 13MP dengan OIS dan Fitur Komplit

Ya, jika bicara keunggulan lagi, LeEco Le1 Pro ini memiliki satu keunggulan lainnya, disamping layar 2K, prosesor andal dan body logam. Yakni di sisi kamera, dimana ia dibekali kamera 13MP dengan fitur keren.

Bukan flagship namanya jika kamera yang dipakai bahkan tidak menawarkan dukungan fitur Optical Image Stabilization. Dan itulah yang ditawarkan ponsel ini. Meski diluar sana banyak ponsel dengan kamera utama 13MP, namun dengan dukungan OIS yang akan lebih menstabilkan hasil jepretan gambar, tidak banyak bukan?

Ya, bukan itu saja, ia juga menawarkan dukungan dual-LED Flash dan autofokus yang bisa memaksimalkan hasil jepretan gambar di kondisi cahaya rendah sekalipun.

Dan kamera 13MP ini juga jangan disamakan dengan kamera 13MP pada ponsel China kebanyakan. Karena Le1 Pro ini memakai sensor Sony IMX214 Exmor RS CMOS yang juga dipakai sejumlah ponsel andal seperti Sony Xperia Z2 dan Z2A, Xiaomi Mi4 dan Mi Note, serta beberapa ponsel andalan HTC dan Motorola.

Hasil Kamera LeEco Le1 Pro:

Dengan resolusi 13MP, hasil foto pun akan bisa di-zoom hingga beberapa kali tanpa merusak kualitas. Dan dengan aperture F/2.0, jelas terlihat betapa bening foto tangkapan kamera LeEco Le1 Pro ini.

Tidak hanya unggul di sisi sensor kamera saja, namun fitur yang ditawarkan Le1 Pro melalui kameranya ini juga tidak kalah lengkap dan menarik. Seperti pilihan filter yang dibuat lebih mudah untuk dipilih, dimana ketika memilih filter, layar ponsel akan menampilkan contoh penerapan filter dalam beberapa jendela dengan kamera katif tentunya.

Dan tersedia pula pilihan mode panorama, yang memiliki cakupan cukup luas bisa dibilang.

Fitur perekaman video juga cukup mumpuni. Le1 Pro menawarkan kemampuan untuk merekam video 4K, FHD 1080p dan 720p. Ada pula pilihan untuk merekam video Slow-mo dan beberapa pilihan dalam mode foto seperti HDR, mode malam dan lain sebagainya.

Sementara kamera depan pada ponsel ini menawarkan sensor 4MP. Namun jangan remehkan resolusi 4MP ini, karena kualitasnya memang dijamin cukup baik dan tidak bisa diremehkan.

Berikut fitur kamera lengkap pada LeTV LeEco Le1 Pro:

Autofocus
Continuous shooting
Digital zoom
Exposure compensation
Face detection
Geotagging
HDR
ISO settings
Macro mode
Optical Stabilization (OIS)
Panorama
Scene mode
Self-timer
Touch focus
White balance settings

Koneksi Tanpa Batas dan Baterai Lebih Bebas

Konektifitas yang ditawarkan LeEco Le One Pro ini bisa dikatakan cukup lengkap dan memadai. Baik untuk kebutuhan standar ataupun ekstra. Ponsel ini dibekali slot dual-SIM dengan dukungan teknologi terkini, mulai dari 2G GSM, 3G HSPA dan 4G LTE. Dan ponsel ini juga memberikan dua pilihan penggunaan jenis SIM, yakni micro-SIM dan nano-SIM.

Sementara untuk koneksi non-mobile, tersedia pilihan WiFi 802.11ac, kemudian ada pula Bluetooth v4.1 dengan A2DP, dan GPS juga. Dan yang menarik adalah dukungan fitur USB tipe-C 2.0 sebagai koneksi kabel pilihan. Seperti yang Anda ketahui, bahwa teknologi USB tipe-C ini adalah teknologi baru yang bisa dibilang belum umum di pasaran. Dan tampaknya LeEco juga mengerti hal ini, sehingga mereka menyertakan sebuah konektor micro-USB 2.0 to USB tipe-C sebagai bonus di setiap paket pembelian. Ini jelas hal yang cukup bijak saya rasa.

Baterai LeEco Le1 Pro

Selain konektivitas yang lengkap, kita juga akan menyoroti sisi baterai ponsel ini. LeEco Le1 Pro memakai dukungan baterai Li-ion dengan kapasitas 3000 mAh dan dibuat non-removeable. Baterai ini memiliki kapasitas yang terbilang cukup besar dan dinilai akan mampu menopang kebutuhan daya di ponsel kakap dengan layar 2K tersebut.

Dan dengan dukungan OS Android Lollipop, pengolahan baterai juga dinilai bisa lebih maksimal, dengan dukungan berbagai mode, mulai dari power saver dan fitur smart battery. Dan dengan teknologi Qualcomm, baterai yang dipakai ini bisa diisi dengan lebih cepat melalui teknologi Quick Charging yang sudah terinclude pada prosesor Snadpragon 810 yang dipakai.

Multimedia

Tentunya kemampuan multimedia pada LeEco LE1 Pro ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain dukungan layar yang mampu memutar video berkualitas 2K sekalipun, ponsel ini juga dibekali dukungan HiFi berkualitas dengan teknologi DAC dari ESS.

Dengan fitur Le HiFi khusus ini, Le One Pro diklaim mampu memberikan kualitas audio andal dan menakjubkan sehingga ponsel ini cukup cocok untuk kebutuhan multimedia, baik memutar video, menonton film, menyetel musik dan lain sebagainya. Dan klaim ini juga telah terbukti.

Kesimpulan

LeTV LeEco Le1 Pro adalah ponsel premium yang tidak diragukan lagi merupakan sebuah flagship. Ponsel ini hadir dengan menawarkan dukungan performa badas berbekal Snapdragon 810, memiliki Multimedia berkualitas dengan HiFi khusus dan layar 2K, serta dukungan memori badas dengan 4GB RAM dan 64GB memori internal.

Ponsel ini cukup baik dilihat dari sisi manapun. Diminta memenuhi kebutuhan Gaming sudah pasti ia mampu, diminta memenuhi fungsi multimedia juga bisa, dan tentunya sebagai smartphone kamera, kemampuannya juga tidak bisa dianggap remeh. Dan yang paling menarik adalah harga LeTV Le 1 Pro yang dibanderol hanya USD199 atau Rp2,7 jutaan saja. Harga ini cukup terjangkau dan bisa dibilang sangat murah untuk performa yang ditawarkannya

Kelebihan LeTV LeEco LE1 Pro

Layar 2K berlapis Corning Gorilla Glass
Kamera 13MP dengan OIS dan dual-LED Flash
HiFi DAC dari ESS
USB tipe-C 2.0 plus Connector
Tombol fisik Switch Silent Mode
Body Alluminium Alloy
4G RAM dengan Snapdragon 810

Kekurangan

Tidak ada sensor sidik jari
Tanpa headset bawaan
Cover belakang logam mudah tergores
Cukup mudah panas
Tanpa Slot microSD

Harga LeTV LeEco Le1 Pro

Dan sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, LeEco Le 1 Pro ini bisa kamu temukan di sejumlah toko internasional, seperti di Banggood misalnya, dimana ia dibanderol hanya USD199 saja atau sekitar Rp2,6 jutaan dan sudah bisa dikirim ke Indonesia pula. Bagaimana, tertarik dengan ponsel andal LeTV LeEco Le1 Pro yang terbilang cukup murah ini? Jika Anda berminat, silahkan beli melalui link berikut.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here