RANCAH POSTBelakangan ini game mobile Pokemon Go memang sedang populer, terutama di kalangan pengguna iOS dan Android. Pasalnya, game keren ini bikin kamu serasa jadi trainer Pokemon beneran, baik mirip di game atau animenya.

Kamu bisa asyik berburu Pokemon di dunia nyata, mulai dari di jalanan, di halaman, di taman, mall dan tempat keren lain termasuk gang sempit dan bahkan di rumah juga jadi banyak Pokemon. Asyik deh pokoknya.

Tapi benarkan semua pengguna iOS dan Android bisa bermain Pokemon Go? Jawabannya tentu tidak. Pokemon Go ini bukan gamed ringan loh, mulai dari cara bermain Pokemon Go, taktik bermain Pokemon Go, hingga ada pula syarat untuk bermain Pokemon Go.

Syarat yang paling utama tentunya kamu harus punya hp Android mumpuni yang bisa menangani game Pokemon Go ini. Dan apa saja syarat minimal untuk bisa bermain Pokemon Go? Berikut syarat yang wajib dipenuhi hp Android dan iOS yang kamu pakai agar bisa main Pokemon Go di rumah atau di lingkungan kamu.

Syarat Minimal HP Android untuk Main Pokemon Go

Bicara soal sarat minimal, yang kita bahas di sini bukan cuma spesifikasi minimal, tapi juga fitur apa saja yang dibutuhkan untuk bermain Pokemon Go di ponsel Android kesayangan. Yang pertama tentunya adalah OS, dimana Pokemon Go ini hanya bisa dimainkan pada OS Android 4.4 KitKat atau yang lebih tinggi. Jadi jika versi Android kamu di bawah KitKat, jangan harap bisa main. Selain itu, paling tinggi adalah Android 6.0.1 Marshmallow, karena Android N terbaru masih belum bisa.

Spesifikasi lainnya adalah dukungan layar HD dengan resolusi minimum 720 x 1280 piksel. Perhatikan dengan baik, dan perlu dukungan GPS dan Local Services pula. Selain itu, perlu juga adanya dukungan koneksi WiFi, 3G atau 4G yang kuat. Dan dengan kuota internet yang mencukupi pula jika tidak pake Wi-Fi.

Nah selain itu, ada tambahan sedikit, yakni untuk pengguna Asus Zenfone 5, Asus Zenfone 2 dan Asus Zenfone lain yang memakai prosesor Intel, maaf beribu maaf karena kamu gak bisa main game Pokemon Go ini, soalnya gak didukung.

Jadi, kurang lebih detal spesifikasi dan fitur minimal untuk main Pokemon Go di Android adalah sebagai berikut:

Android 4.4 to Android 6.0.1 (Android N will not supported until the official Android release)
Preferred resolution of 720×1280 pixels (Not optimized for tablet)
Strong internet connection (Wi-Fi, 3G, or 4G)
GPS and Location Services
Intel CPUs are not supported

Syarat Minimal untuk Main Pokemon Go di iOS

Beda dengan di Android, Anda masih bisa main Pokemon Go di ponsel Apple iPhone 5 dan yang lebih baru. Dengan syarat ponsel kamu menjalankan OS iOS 8 atau yang lebih baru.

Masih sama seperti pada ponsel Android, kamu juga harus memiliki koneksi internet kuat, baik lewat WiFi, 3G atau 4G. Nah, khusus untuk iOS sendiri, ponsel yang bisa digunakan untuk main Pokemon Go ini adalah yang masih perawan, alias belum kena Jailbroken. Jadi jika sudah di Jailbreak, maaf saja.

Berikut detail syarat minimum untuk main Pokemon Go di iOS

iPhone 5+
iOS 8+
Strong internet connection (Wi-Fi, 3G, or 4G)
GPS and Location Services
Jailbroken devices are not supported

Nah, lalu bagaimana cara memeriksa versi OS di ponsel Android dan iOS kamu, agar kamu yakin bisa coba game Pokemon Go? Begini caranya.

Cara Cek Versi OS Android

Untuk Android, kamu hanya perlu masuk ke menu dari layar Home. Pada pilihan menu, cari menu Setting. Kemudian pilih menu Sistem > About Phone. Di bagian bawah nanti akan ditampilkan versi Android di ponsel kamu. Mudah kan?

Cara Cek Versi OS di iOS

Lain Android lain iOS, meski keduanya bisa dibilang cukup sama dalam hal cara melihat versi OS. Pada ponsel dengan OS iOS, pilih menu Setting, kemudian masuk ke menu General. Setelah itu ada menu About. Di bagian bawah menu About ini akan ada list dengan judul Version yang menampilkan nomor versi iOS di ponsel Anda.

Jika ternyata OS yang Anda pakai adalah versi lama, pastikan untuk melakukan upgrade sebelumnya, itupun jika memungkinkan. Dan jika tidak bisa diupgrade pula, Anda mungkin harus merelakan untuk tidak mencoba game seru Pokemon Go. Kecuali jika Anda mau membeli ponsel baru. Selamat mencoba dan selamat berburu Pokemon favorit kamu.

Share.

Leave A Reply