24.5 C
Ciamis
Beranda Teknologi Software Apple iOS 10 Resmi Dikenalkan, Ini 10 Fitur Keren yang Wajib Kamu...

Apple iOS 10 Resmi Dikenalkan, Ini 10 Fitur Keren yang Wajib Kamu Tahu

RANCAH POSTSelamat datang di ajang WWDC 2016 dan selamat menyambut berbagai produk baru Apple. Salah satu yang akan kita temui hari ini adalah update iOS 10 terbaru yang sudah resmi dirilis Apple.

Yup, iOS 10 ini adalah versi upgrade untuk iOS 9. Dan sebagaimana biasanya, dengan kehadiran iOS 10 baru ini juga turut hadir sejumlah fitur baru disamping dari perbaikan bug. Nah, pada kesempatan kali ini, Apple tidak main-main, mereka langsung memperkenalkan 10 fitur baru iOS 10 yang akan siap memuaskan Anda.

Nah, lalu apa sajakah fitur baru pada iOS 10 tersebut? Berikut 10 fitur keren di iOS terbaru.

1. User Interface

Tampilan layar kunci kini telah didesain ulang. Selain membawa fungsi “pick up to wake”, kini mengakses kamera juga jadi lebih mudah. Cukup geser ke kiri pada layar kunci dan Anda akan langsung bisa memakai kamera. Sementara jika menggeser ke kanan, Anda akan diarahkan ke layar atau laman widget. Hal ini cukup menarik mengingat Android sudah mulai membuang fungsi widget, Apple malah kembali memungutnya.

Area notifikasi juga sudah didesain ulang, dengan kotak notifikasi dan widget yang dibuat bernuansa gelembung. Control Center juga dibagi jadi dua panel berbeda, dengan satu panel untuk toggle dan satu lagi untuk kontrol musik. Icon dan material desain lainnya juga dibuat bernuansa gelebung.

Dan update paling keren untuk pengguna iPhone 6s adalah fungsi 3D touch yang sudah diperluas. Kini Anda akan bisa memakai fungsi 3D Touch tersebut di notifikasi dan fitur atau fungsi menu lainnya.

2. Siri

Siri juga turut diperbaharui dengan beberapa fitur baru. Namun yang paling menarik adalah ditambahnya akses terbuka untuk pengembang. Kini pengguna akan bisa meminta Siri mengirim pesan lewat aplikasi non Apple, dan mengakses aplikasi pihak ketiga lainnya.

Bahkan Siri juga akan bisa mencari foto melalui aplikasi ketiga ini, hingga membuat panggilan VoIP dan melakukan pembayaran.

3. Keyboard QuickType

Fitur keyboard juga telah ditingkatkan kecanggihannya dengan menambah kecerdasan Siri kedalamnya. Kini keyboar bawaan Apple tersebut akan bisa memprediksi apa yang ingin Anda tulis. Bukan itu saja, keyboard ini akan bisa membaca pesan Anda dan menyarankan untuk membuat acara, jadwal, membagikan lokasi hingga menyimpan alamat atau nomor baru di ponsel Anda. Bahkan kini Anda akan bisa mengetik dengan multi bahasa di keyboard iOS 10.

4. Photos

Aplikasi lain yang juga diperbaharui adalah apikasi Photos yang sudah cukup lama mejeng di Android. Aplikasi ini kini bisa menampilkan foto di peta dan mengurutkan foto tersebut sesuai dengan wajah teman Anda.

Selain itu, kini ditambahkan pula unsur AI kedalam aplikasi ini, sehingga nantinya ia akan bisa dengan sendirinya memilih, menyusunkan dan mengelompokkan gambar dan foto yang ada di album kedalam beberapa landmark khusus.

5. Maps

Aplikasi Maps juga mendapat suntikan AI, dimana kini ia bisa lebih pandai. Aplikasi ini kini mampu menampilkan jalan tercepat ke tujuan Anda, dan semua informasi lalu lintas di sepanjang jalan juga akan disampaikan.

Dan khusus untuk aplikasi Maps di CarPlay juga mendapat tambahan fitur baru, seperti memperluas navigasi turn-by-turn ke layar dashboard Anda.

6. Apple Music

Aplikasi musik yang juga tersedia di Android ini mendapatkan desain baru dengan antarmuka lebih halus dan lebih mudah digunakan.

7. News

Aplikasi News juga mendapat tampilan antarmuka baru dengan desain yang lebih asyik. Selain itu, seperti aplikasi lainnya ia juga dibuat lebih cerdas, dimana nantnya aplikasi ini akan secara otomatis mengelompokkan antara konten gratis dan konten berbayar di tempat terpisah.

Aplikasi ini juga akan menampilkan breaking news yang dinilai begitu penting di homescreen.

8. Aplikasi Home yang Lebih Canggih

Aplikasi Home juga mendapat peningkatan. Kini Anda akan bisa terhubung dengan berbagai perangkat dan aksesoris cerdas dan mengontrol semua dari satu layar. Mulai dari TV, radio, AC, kipas dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi home baru ini juga menambahkan dukungan fitur 3D Touch dan jika Anda memasangnya di iDevices Anda, maka tab di Control Center akan bertambah satu, yang isinya adalah fitur lengkap untuk mengontrol perangkat smarthome yang terhubung dengan ponsel.

9. Phone

Aplikasi untuk menelpon ini juga turut diperbaharui. Selain menawarkan desain baru, aplikasi ini juga sudah dicampur dengan sejumlah aplikasi panggilan via VoIP seperti Skype dan lain sebagainya. Dan kemampuan lainnya juga.

10. Messages

Aplikasi lainnya yang mendapat pembaruan adalah aplikasi pesan yang juga mendapat desain baru pada iOS 10 ini. Pertama Anda bisa mengirim foto GIF, serta juga akses untuk membuka foto dan live camera jadi lebih mudah tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Tampilan emoji juga dibuat 3 kali lebih besar dan pengguna kini akan bisa memasukkan tulisan tangan atau tulisan digital dalam pesan. Keren kan?

Selain kesepuluh update kakap tadi, ada pula pembaruan lain yang hadir bersama upgrade iOS 10 terbaru ini. Diantaranya adalah pembaruan pada aplikasi email, Safari dan lain sebagainya. Termasuk peningkatan fitur privasi yang juga dibuat lebih mumpuni dan dapat diandalkan.

iOS 10 sendiri akan tersedia untuk perangkat iPhone 5, iPad 4, iPad Mini2, iPod Touch 6 dan perangkat yang lebih baru dari keempat perangkat tersebut. Update ini akan tersedia paling lambat pada musim gugur ini, dengan open beta yang bakal digelar bulan Juli depan. Dan untuk para pengembang, sebaiknya bersiap, karena versi Developer Preview juga akan segera tersedia.

Stay Connected

105,312FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here