Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Berita Berita Nasional Meriahnya Suasana Perayaan Hari Lahir Pancasila di Kota Kembang

Meriahnya Suasana Perayaan Hari Lahir Pancasila di Kota Kembang

RANCAH POST – Bertepatan dengan 1 Juni kali ini, diperingati pula Hari Lahir Pancasila yang memang beberapa pekan terakhir ini ramai diperbincangkan di media sosila lantaran akan ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Ditetapkannya tanggal 1 dalam bulan Juni sebagai Hari Lahir Pancasila ini merujuk pada pidato Presiden pertama RI, Soekarno dalam sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato itulah lahir seuah konsep dan rumusan Pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia hingga sekarang ini.

Rabu (1/6/2016) pagi tadi di Kota Kembang, Bandung, perayaan puncak Hari Pancasila berlangsung di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat. Acara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati sebagai momen bersejarah bangsa Indonesia ,yakni lahirnya Pancasila ini diawali dengan parade seni budaya.

Berbagai jenis kesenian ditampilkan dalam parade seni budaya memperingati Hari Lahir Pancasila ini. Mulai dari penampian anggota Paskibra dan Pramuka yang membawa umbul-umbul dengan tema Pancasila hingga penampilan anggota TNI yang menampilkan atraksi marching band. Ada juga pawai tari-tarian dan sepeda ontel pada peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut.

Menurut Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung, perayaan memperingati Hari Lahir Pancasila ini tidak melulu mesti dilakukan secara formal. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memperingatinya sekreatif dan semeriah mungkin.

“Tidak hanya secara seremoni, di Bandung selalu ada benang merah kreativitas dalam memperingati hari-hari bersejarah. Inilah bentuk kecintaan kami terhadap Pancasila dan presiden pertama Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan,” katanya, di sela-sela acara.

Selesai menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya dalam peringatan ini, para tamu undangan terlihat masuk ke dalam Gedung Merdeka guna memperingati Hari Pancasila dan pidato Bung Karno.

Selepas itu, acara dilanjutkan dengan napak tilas berjalan kaki ke Penjara Banceuy, saksi bisu perjuangan Bung Karno. Tidak hanya dengan umbul-umbul, peringatan Hari Lahir Pancasila di Bandung pun disemarakkan dengan adanya gambar-gambar yang bertemakan Bung Karno dan Pancasila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,229FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan