Selasa, November 24, 2020
Beranda Berita Berita Nasional Pencipta Buku 'Ini Budi' Meninggal Dunia, Selamat Jalan 'Ibu Budi'!

Pencipta Buku ‘Ini Budi’ Meninggal Dunia, Selamat Jalan ‘Ibu Budi’!

RANCAH POST – Sekolah di era 80-an atau 90-an? Kalau iya, pasti masih ingat dengan sebuah buku pelajaran berjudul ‘Ini Budi’ yang di dalamnya memuat kalimat ‘ini budi’, ‘ini ibu budi’, dan ‘ini bapak budi’.

Namun tidak semua tahu bahwa buku yang sempat menjadi buku pelajaran wajib bagi siswa SD tersebut ternyata disusun oleh seorang wanita bernama Siti Rahmani Rauf.

Kemarin (10/5/2016), wanita yang akrab disapa Nenek Rauf itu berpulang kembali ke pangkuan ilahi, ia meninggal dunia sekitar pukul 21.20 WIB di kediamannya Jalan Jati Petamburan I Nomor 8, RT 02/01 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, lantaran penyakit diabetes yang sudah dideritanya sejak 30 tahun lalu.

“Iya benar, ibu meninggal kemarin malam di rumah sekitar pukul 21.20 WIB,” ujar Karmeni Rauf, anak ketiga Siti Rahmani Rauf, Rabu (11/5/2016).

Sejak tahun 1937, almarhumah aktif mengajar. Pada awal tahun 1980 ia ditawari oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuat buku peraga ‘Ini Budi’. Walau sosoknya tidak begitu dikenal oleh khalayak, karyanya tersebut masih dikenang hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here