RANCAH POST – Bahan alami untuk mengatasi kulit berminyak. Kulit berminyak rentan terkena jerawat, flek hitam, dan lain-lain. Jika dibandingkan dengan jenis kulit yang lainnya, kulit berminyak perlu perawatan yang lebih intensif.

Jika dibandingkan dengan kulit yang normal, kulit berminyak merupakan gudang sel kulit mati dan pori-pori lebih cepat tersumbat. Selain menggangu penampilan, produksi minyak yang berlebih juga menyebabkan timbulnya jerawat dan membuat wajah nampak kusam. Hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya tanda-tanda awal penuaan. Bagi wanita yang mempunyai jenis kulit yang berminyak, pasti sangat kesulitan saat akan memakai make up, karena kondisi kulit mereka yang seperti wajan penggorengan membuat make up cepat luntur dan tidak tahan lama.

Tidak perlu menggunakan make up yang harganya selangit untuk mengatasi masalah ini, cukup dengan mengandalkan bahan-bahan yang ada di alam dan tanpa menimbulkan efek samping apapun untuk kulit. Bahkan bahan-bahan yang ada di dapur bisa dipakai untuk mengatasi masalah ini.

Jadi, masih mau ngandelin make up yang harganya bikin dompet kering tanpa ada hasil yang signifikan? Nah, berikut ini 6 bahan alami untuk mengatasi kulit berminyak seperti dikutip dalam Boldsky.

Kayu cendana
Dikenal karena sifatnya yang berguna sebagai obat, kayu cendana dengan efektif bisa menyerap minyak yang berlebih pada kulit. Kayu cendana juga merupakan bahan alami yang bisa membuat warna kulit satu tingkat lebih cerah.

Lemon
Diperkaya dengan asam sitrat, lemon merupakan bahan pemutih kulit yang sangat baik. Asam sitrat yang terkandung didalamnya bisa mengontrol sekresi minyak dan mengatasi jerawat yang mengganggu penampilan.

Mentimun
Selain berguna sebagai bahan pemutih alami, mentimun juga mengandung antioksidan yang bisa mengatasi masalah dari pori-pori yang tersumbat dan juga sekresi minyak yang berlebihan.

Susu mentah
Salah satu manfaat dari susu mentah untuk kulit adalah dapat melembabkan lapisan dalam kulit. Gunakan susu mentah untuk perawatan kulit agar kulit terasa lembut dan terlihat lebih cerah.

Pepaya
Pepaya sangat baik untuk kulit yang berminyak, karena mampu mengangkat sel-sel kulit yang mati. Pepaya juga bisa membuat kulit tampak bersinar secara alami.

Curd atau dadih
Curd banyak mengandung vitamin D dan kalsium, yang bermanfaat untuk menghilangkan minyak yang berlebih. Curd bisa secara alami membuat kulit terkelupas dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Itulah 6 bahan alami untuk mengatasi kulit berminyak. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah.

Share.

Leave A Reply