Selasa, November 24, 2020
Beranda Hiburan Film Film Animasi Karya Anak SMK Siap Tayang di Televisi

Film Animasi Karya Anak SMK Siap Tayang di Televisi

RANCAH POST – Film animasi tiga dimensi (3D) karya dari pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan tayang perdana di Indonesia. Karya anak negeri ini lahir di sebuah studio animasi SMK Raden Umar Said, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Prestasi yang sangat membanggakan Indonesia ini ditunjukkan lewat film animasi dengan judul ‘Pasoa dan Sang Pemberani’ yang dibuat langsung oleh 16 siswa SMK di kota dengan julukan kretek tersebut.

Yang menarik, pembuatan film dengan durasi 30 menit itu hanya digarap di dalam waktu yang singkat yaitu selama enam bulan dan akan tayang di sebuah stasiun televisi swasta di bulan Oktober 2016 yang akan datang.

Program pembuatan film animasi di tingkat pelajar SMK ini adalah kerjasama antara Djarum Foundation dan juga perusahaan software kelas dunia Autodesk, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC). Kerjasama ini adalah dngan cara menyiapkan satu studio dan juga kurikulum kejuruan animasi di SMK Raden Umar Said, Kudus.

Film animasi ini menceritakan mengenai seekor hewan mitologi yakni Pasoa dengan wujud paduan dari beberapa hewan di Indonesia. Kedatangannya untuk menjalankan misi untuk melindungi kekayaan hayati Indonesia.

Kepala SMK Umar Said, Faridduudin, melanjutkan bahwa program kejuruan animasi ini didukung pula oleh praktisi yang sudah dikenal di dalam industri animasi dunia, misalnya Animator Walt Disney Animation Studio, Woody Woodman.

Dengan dibantu empat guru pembimbing serta lima pengajar bersertifikat Autodesk software, 16 siswa SMK ini dapat menunjukan keterampilan pembuatan trailer film ‘Pasoa dan Sang Pemberani’ dengan durasi 2 menit. Trailer ini dilihat oleh sejumlah tamu undangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here