RANCAH POST – Memulai usaha tampaknya terkesan seperti sesuatu yang besar. Namun disadari atau tidak, sebenarnya memulai usaha kecil-kecilan dengan modal minim bukanlah hal yang terlalu sulit dilakukan. Bahkan Anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa sekalipun dapat melakukannya. Yang terpenting adalah niat dan tekad yang kuat, serta juga kesabaran dalam menjalaninya.

Siapa bilang memulai usaha itu butuh modal besar. Banyak kok, usaha rumahan untuk mahasiswa dan para kaum muda yang tidak membutuhkan modal besar. Baik itu usaha offline maupun online. Namun tetap saja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan cermati dalam memulai usaha. Salah satunya adalah kesabaran dalam menjalani usaha tersebut. Karena dalam memulai usaha dengan modal kecil, Anda tidak boleh terlalu ambisius untuk mendapatkan laba. Butuh waktu yang cukup lama bagi Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan, namun setelah melewati garis merah tersebut, usaha Anda pun akan terasa ringan.

Selain kesabaran dan kegigihan, Anda juga harus memiliki manajemen usaha yang cermat dan teratur. Misalnya seperti pengeluaran dan pemasukan harus Anda catat dengan teliti dan cermat. Anda juga harus mempersiapkan skenario usaha seperti membuat daftar rencana keuangan untuk memilih kemana saja dana modal minim yang Anda miliki akan dialokasikan, serta seberapa pentingkah belanja yang Anda lakukan dan hindari membuang modal untuk hal yang sia-sia.

Nah, lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam memulai usaha online sendiri dengan modal minim? Berikut beberapa diantaranya.

1. Menentukan usaha Anda
Yang paling pertama harus Anda tentukan adalah jenis usaha macam apa yang ingin Anda geluti. Semisal Anda ingin memulai bisnis online. Maka Anda harus menentukan, bisnis online seperti apa yang Anda inginkan. Apakah jualan baju online, jasa online, pemesanan kaos, aksesoris dan lain sebagainya. Untuk usaha dengan modal minim, ada beberapa yang mungkin bisa cocok untuk Anda. Salah satunya adalah menawarkan jasa online dan sistem dropship.

Untuk menawarkan jasa online, pastikan Anda terlebih dahulu memiliki kemampuan dasar dalam jasa yang ingin Anda tawarkan. Atau memiliki karyawan yang mampu menangani hal tersebut. Misalnya Anda jago dalam pemasaran dan Anda ingin membuat jasa pemasaran online, ini lebih mudah dan murah ketimbang bikin usaha seperti jualan yang membutuhkan modal. Namun Anda juga bisa membuka usaha lain seperti usaha jasa desain online atau jasa penulisan online. Dengan catatan Anda memiliki karyawan atau rekan dalam menjalankan bisnis Anda. Dan tentunya gaji karyawan juga harus dipertimbangkan jika Anda ingin mengambil langkah ini.

Selain menawarkan jasa online, Anda juga bisa memilih berjualan online atau membuka toko online. Dan untuk Anda yang memiliki modal kecil, tenang saja karena Anda bisa melakukannya dengan jalan dropship atau reseller. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyetok barang dagangan terlebih dahulu, meski mungkin Anda tetap harus mengeluarkan modal awal seperti pendaftaran member misalnya. Namun biasanya juga murah kok.

2. Manajemen modal
Salah satu hal lain yang juga harus diperhatikan adalah manajemen. Hal ini juga sangat penting dalam menentukan usaha yang ingin Anda geluti. Sebelum memutuskan ingin memulai usaha dagang atau jasa, ada baiknya Anda menghitung lebih dulu, dana modal yang Anda miliki dan akan cukup dipakai untuk usaha mana, dan sejauh mana.

Misalnya untuk usaha jasa desain. Pertama Anda harus mempertimbangkan biaya pembuatan website, biaya marketing dan jangan lupa gaji karyawan. Sementara untuk jasa pembuatan toko online berbasis dropship, Anda harus mempertimbangkan biaya langganan atau iuran anggota dropship, biaya pembuatan web dan tentunya modal untuk marketing. Untuk toko online berbasis dropship ini, rasanya Anda belum perlu memakai karyawan jika masih bisa Anda tangani sendiri.

Anda juga harus membuat rencana anggaran, dan mencatat berapa dana yang dibutuhkan untuk usaha Anda, serta digunakan untuk apa saja. Untuk usaha dengan modal kecil, hal ini akan sangat berguna dan peting, karena dengan ini, Anda akan bisa menentukan mana yang perlu dibeli atau dibiayai dan mana yang belum perlu. Jadi pengeluaran Anda akan lebih terkontrol.

3. Pelayanan dan customer service
Salah satu yang paling mendukung bisnis Anda makin berkembang adalah pelayanan yang memuaskan dan customer service yang dapat selalu dihubungi. Jika Anda bisa memberikan pelayanan yang memuaskan, maka dijamin pelanggan yang sudah sekali berbelanja atau menggunakan jasa Anda, mereka akan kembali belanja dan menggunakan jasa Anda lagi, jika hasilnya memuaskan. Tidak peduli semahal apa harga yang Anda terapkan.

4. Harga yang pantas
Tidak peduli bisnis toko online atau jasa online, Anda perlu mempertimbangkan harga yang pantas untuk jasa dan barang yang Anda jual. Hal ini sangatlah penting dibandingkan memasang harga murah, namun kurang memuaskan. Harga murah mungkin memang bisa menarik perhatian konsumen ketika bisnis masih baru dimulai. Namun pelayanan yang memuaskan akan mendatangkan lebih banyak konsumen, dan menjaga konsumen tetap menggunakan jasa dan produk yang kita tawarkan.

Jangan ragu untuk memasang tarif atau harga mahal jika produk dan jasa yang Anda tawarkan memang memuaskan dan pantas dibanderol dengan harga lebih tinggi.

5. Pemasaran dan promosi
Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis adalah marketing. Pemasaran dan promosi harus gencar Anda lakukan, namun tetap dengan biaya yang seminimal mungkin. Bisa Anda lakukan dengan cara menyebar pamflet, atau melalui sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Selain itu, untuk menarik minat konsumen baru, Anda juga bisa menerapkan harga diskon dan harga promosi. Dengan demikian, Anda bisa mendapat lebih banyak konsumen. Anda juga jangan ragu untuk menggunakan jasa marketing jika tidak bisa Anda lakukan sendiri. Karena dalam berbisnis, pemasaran dan promosi merupakan hal penting yang tidak bisa Anda abaikan.

Nah, mungkin sekian saja dulu mengenai tips dan saran dalam memulai bisnis online dengan modal minim. Semoga artikel ini dapat membantu dan berguna bagi Anda, terima kasih.

Share.

2 Komentar

  1. Wiwit Permata on

    Pada manajemen modal di atas, disinggung mengenai jasa desain. Saya jadi teringat untuk bertanya mengenai rekomendasi jasa desain freelance yang bagus dimana ya? Kebetulan saya juga ingin bergelut di jasa ini.

  2. asuransi rumah tinggal on

    “Salah satu hal yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis adalah marketing. Pemasaran dan promosi harus gencar Anda lakukan, namun tetap dengan biaya yang seminimal mungkin.”

    Kalimat ini bener sekali, bahkan apabila di dukung dengan reseacrh yg baik, maka kita bisa makin mengenal pasar yang mau di jalani.

Leave A Reply