22.8 C
Ciamis
Beranda Teknologi Hardware Sony Kenalkan Sensor Kamera Baru, Exmor R IMX318 yang Lebih Mumpuni

Sony Kenalkan Sensor Kamera Baru, Exmor R IMX318 yang Lebih Mumpuni

RANCAH POST – Kamera memang merupakan salah satu bagian yang tidak bisa lepas dari smartphone. Dan Sony baru saja mengumumkan kamera terbarunya dari lini sensor Exmor R andalannya. Sensor gambar baru ini bakal dinamai Sony Exmor R IMX318 dan akan jadi sensor kamera CMOS pertama yang dibekali dengan hybrid Autofocus dan terintegrasi pula dengan 3-axis electronic image stabilization.

Salah satu keunggulan paling utama dari prosesor kamera baru Sony Exmor R IMX318 ini adalah fitur hybrid Autofocus, yang mana merupakan gabungan dari dua bentuk autofocus, yakni autofocus yang didasarkan pada kontras dan Phase Detection Autofocus (PDAF).

Ini merupakan sesuatu yang jarang mengingat bahwa biasanya sebuah prosesor kamera untuk ponsel hanya akan dibekali atau menjalankan satu aplikasi autofocus saja. Baik AF contrass maupun PDAF. Namun pada Sony Exmor R IMX318 ini keduanya digabungkan. Dan hasilnya, Sony mengklaim bahwa prosesor ini akan mampu berfokus dalam kecepatan tinggi hingga 0,03 detik untuk stills dan 0,017 detik dalam merekam video 60fps.

Selain hybrid autofocus, ada fitur lain yang tidak kalah menarik. Yakni 3-axis image stabilization. Sensor ini memiliki kelebihan untuk mengkoreksi pitch, roll, dan yaw dengn cara mengambil input dari sensor gyro eksternal dan kemudian memprosesnya pada prosesor sinyal internal sendiri.

Proses dengan prosesor inernal ini sendiri memang memiliki kelebihan lain, yakni lebih hemat daya dibandingkan proses yang dilakukan pada prosesor aplikasi eksternal. Selain itu, sensor ini juga bisa mengoreksi distorsi lensa yang lebih baik dan sesuai dengan gerak obyek.

Sony Exmor R IMX318 memiliki sensor tipe 1/2.6 dengan resolusi efektif 22,5 MP. Sensor ini memiliki pixel pitch 1.0μm, yang mana lebih kecil dari pendahulunya yang juga cukup populer, IMX230. Namun Sony memberikan jaminan bahwa kualitas gambar dari sensor ini tidak akan menurun sama sekali, terutama dalam kondisi cahaya kurang.

Sony Exmor R IMX318 ini sendiri diprediksi bakal segera tampil dalam beberapa ponsel kelas high-end dan sejumlah drone dalam waktu dekat ini. Setidaknya hingga akhir tahun nanti mungkin.

Stay Connected

105,273FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here