30.8 C
Ciamis
Beranda Teknologi Internet Siapa Bilang Internet Selalu Buruk Bagi Anak, Baca dan Pahami!

Siapa Bilang Internet Selalu Buruk Bagi Anak, Baca dan Pahami!

RANCAH POST – Kemajuan internet yang sangat pesat dan luasnya jangkauan internet kadang bahkan kerap kali menjadi momok yang menakutkan bagi para orang tua di luar sana. Padahal sejatinya, kemajuan teknologi satu ini sangatlah berguna dan bermanfaat bagi anak, jika dapat digunakan dengan baik.

Pada akhirnya semua kembali tergantung pada orang tuanya sendiri. Dapatkah mereka membimbing sang anak untuk menggunakan media satu ini dengan baik dan benar, atau justru malah memberikan kebebasan bereksplorasi yang merupakan kesalahan terbesar bagi anak yang masih baru mengenal Internet.

Dibalik semua ketakutan dan kegelisahan para orang tua terhadap dampak buruk internet, ternyata masih banyak para orang tua yang belum mengetahui dengan jelas, manfaat sejati dari informasi yang terdapat di dunia maya. Banyak digembar-gemborkannya isu waspada dan AWAS terhadap Internetlah yang menjadikan mereka buta, akan segala keuntungan yang bisa didapat anak dari internet, sekali lagi dengan batasan dan kontrol dari orang tua.

Lalu apa sajakah keuntungan itu? Berikut beberapa diantaranya.

Meningkatkan Kreativitas Anak

Banyak yang bilang bahwa internet akan mengubah anak menjadi konsumtif dan pemalas. Siapa bilang? Melalui internet, anak dapat mencari dan mendapatkan informasi baru yang pastinya cukup menarik dan dapat menjadi pilihan untuk hobi mereka. Misal anak yang memiliki hobi akan seni, sebut saja menggambar. Melalui Internet, mereka akan bisa mendapatkan banyak informasi mulai dari dasar cara menggambar, teknik menggambar hingga panduannya dalam bentuk video.

Dengan menyaring dan memilah informasi yang didapatkan, anak akan dapat lebih bebas dalam berkreasi dan memilih jalur hobi dan masa depan mereka.

Berbeda dengan ketika kita memalsukan anak ke lembaga les seni misalnya. Selain pembayaran yang relatif mahal, anak juga akan dibina dan diarahkan sesuai dengan lembaga yang kita pilih. Kebebasan mereka untuk berkreasi akan terbatasi dan akhirnya hal ini akan menjadikan anak lebih kaku, fanatik dan lain sebagainya.

Lebih Aman Jika Mengenal dan Menguasai Teknologi

Perkembangan teknologi yang pesat memang harus diikuti. Dengan demikian, anak tidak akan menjadi bodoh, dalam artian tidak akan tersesat dengan teknologi yang ada. Dengan menguasai atau setidaknya mengetahui teknologi terkini, anak akan lebih pandai dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Tentunya dengan bimbingan dari orang tua.

Dengan mengerti cara kerja social media dan berbagai hal lain di Internet, selain akan menambah kreatifitas anak, hal ini juga akan membuat anak lebih paham dalam menghadapi tipuan atau bujukan negatif melalui social media.

Lebih Banyak Hiburan

Banyak yang mengatakan bahwa anak akan sangat sulit bersosialisasi jika mereka dipupuk dengan gadget dan perangkat maju jaman sekarang. Namun hal ini tidaklah 100% benar. Karena pada kenyataannya, keberadaan media hiburan pada gadget dan internet seperti game, YouTube dan lain sebagainya bisa membuat mereka lebih mudah masuk di lingkungan dimana banyak anak lain yang juga menyukai hal yang sama.

Selain itu, jika masalahnya dengan kesulitan dalam bersosialisasi, rasanya peran orang tua akan kembali dibutuhkan. Mereka harus bisa membatasi buah hatinya dalam ‘menyukai’ gadget dan internet. Seperti mengajak mereka keluar, atau tetap membawa mereka untuk bermain dan bergaul di luar ruangan bersama teman-temannya di siang hari.

Peran gadget juga akan bisa membantu anak untuk menghilangkan stres akibat tekanan seperti ketika ia ‘ngambek’ ingin sesuatu, atau ketika ia tengah bermasalah dengan temannya. Dan sekali lagi, tentunya masih dengan dampingan dan pengawasan dari orang tua.

Dengan kata lain, internet, gadget dan teknologi bukanlah sesuatu yang bisa merusak mental, perilaku dan kepribadian anak. Yang dapat menyebabkan semua itu tidak lain adalah orang tua anak sendiri. Yang memiliki peran paling besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

Stay Connected

105,270FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here