Jumat, 25 September 2020
Beranda Teknologi Hardware Tahun Depan, Teknologi Bluetooth Bakal Dapat Peningkatan

Tahun Depan, Teknologi Bluetooth Bakal Dapat Peningkatan

RANCAH POST – Bluetooth, siapa yang tak kenal dengan teknologi nirkabel satu ini. Teknologi transfer data yang sudah populer sejak tahun 2000-an lalu ini memang cukup kental di ingatan dan trend anak muda, baik di masanya dulu hingga saat ini.

Teknologi nirkabel ini memang unik dan menarik, karena memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer data dan berbagi konten antar perangkat baik smartphone tablet, laptop dan gadget lainnya. Mulai dari dokumen, foto, video, musik dan lain sebagainya.

Teknologi ini juga dapat dilakukan untuk memberikan berbagai macam kemudahan dan meningkatkan mobilitas pengguna seperti sebagai penghubung speaker dan headphone nirkabel, mouse dan perangkat nirkabel lainnya.

Namun seiring perkembangan teknologi yang amat pesat, dan kemajuan dari Internet of Think menuntut industri untuk dapat meningkatkan kemampuan Bluetooth agar dapat terus mengikuti perkembangan zaman dan tidak tertinggal.

Sebagaimana diungkap laman BGR (16/11/2015), Bluetooth Special Interest Group (SIG) yang merupakan asosiasi yang menangani standar kelayakan koneksi nirkabel ini baru saja menyatakan, bahwa pada tahun 2016 nanti, teknologi Bluetooth bakal didongkrak dan ditingkatkan ke level yang lebih tinggi.

Menurut penuturan dari Toby Nixon yang saat ini meduduki posisi sebagai ketua dewan direktur Bluetooth SIG, dalam peningkatan atau upgrade ini sendiri akan ada berbagai tambahan dan pengembangan fitur-fitur baru yang sebelumnya belum pernah ada pada teknologi Bluetooth. Dan ia juga menambahkan bahwa hal ini dilakukan karena banyaknya usulan dan dorongan baik dari pengguna maupun dari industri skala besar, yang menginginkan adanya peningkatan teknologi Bluetooth.

Salah satu peningkkatan yang paling signifikan dari upgrade ini adalah peningkatan di sisi kecepatan transfer dan jarak jangkauan Bluetooth. Bluetooth baru ini akan mampu menjangkau wilayah dengan luas 4 kali dari sebelumnya. Dan kecepatan akan ditingkatkan hingga 100%.

Tony juga menambahkan, bahwa hal ini akan mendorong Bluetooth untuk dapat turut bersaing dan berkontribusi dalam perkembangan Internet of Think. Dan kedepannya, ia mengharapkan bahwa Bluetooth akan bisa menyaingi, bahkan mengungguli teknologi WiFi dalam hal menghubungkan berbagai perangkat dalam satu jaringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,958FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan