Rabu, Desember 2, 2020
Beranda Berita Berita Nasional Kabar Marlboro Jualan Rokok Ganja Ternyata HOAX

Kabar Marlboro Jualan Rokok Ganja Ternyata HOAX

RANCAH POST – Belakangan ini berbagai media di Indonesia diramaikan dengan berita Marlboro Jual Rokok Ganja. Dikabarkan, produsen rokok milik Philip Morris itu menjajakan ganja dengan nama ‘Marlboro M’ (Marlboro Marijuana).

Namun setelah ditelusuri, berita itu hanyalah hoax belaka alias bohong. Di Amerika Serikat sendiri, kabar hoax ini sudah tersiar nyaris sejak 2 tahun silam. Kabar itu pertama kali diangkat oleh sebuah situs parodi bernama Abril Uno. Laman tersebut menuliskan, “Phillip Morris, salah satu produsen rokok terbesar di dunia, hari ini mengumumkan akan bekerja sama dengan gerbong legalisasi ganja, dan akan mulai memasarkan rokok ganja.”

Menurut informasi yang beredar, Abril Uno merupakan situs berbahasa Spanyol yang mempunyai arti kata ‘Satu April’, diketahui tanggal tersebut identik dengan momen April Mop atau lelucon di bulan April.

Terkait artikel-artikel tersebut, Abril Uno jelaskan, “Setiap kemiripan dengan insiden yang sebenarnya, orang yang sebenarnya, hidup atau mati, sepenuhnya kebetulan dan dimaksudkan murni sebagai sebuah sindiran, parodi atau lelucon.”

Pada laman Abril Uno sendiri artikel parodi rokok ganja itu dimuat pada (30/10/2015). Namun, Mic mengatakan, Abril Uno telah memuat informasi serupa sekitar 2 tahun silam tepatnya pada bulan Januari 2014.

Diketahui, Mic memang merupakan salah satu media yang menetralkan kabar hoax ini. Namun, Mic juga mengbarkan bahwa tidak menutup kemungkinan jika Philip Morris masuk ke ranah bisnis ganja. Mengingat beberapa negara bagian di Amerika Serikat mulai ‘menghalalkan’ ganja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here