Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Berita Berita Nasional Sadis! Warga Daerah Ini Ramai-Ramai Bunuh Macan Tutul

Sadis! Warga Daerah Ini Ramai-Ramai Bunuh Macan Tutul

RANCAH POST – Seperti diketahui, Netizen belakangan ini digegerkan dengan perburuan hewan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Untuk kali ini, seekor macan tutul tewas di tangan warga Cikelet, Garut, Jawa Barat. Bukan tanpa sebab, warga nekad membunuh hewan yang dilindungi itu lantaran sudah memangsa 19 ekor domba milik warga.

Sylvana Ratina selaku Kepala Balai Konservasi SDA Jawa Barat menjelaskan, insiden ini terjadi pada (26/10/2015) lalu. Masyarakat nekad meracun macan tutul lantaran sebelumnya sudah memakan 19 ekor domba warga dari 3 kampung di daerah tersebut.

Menurut laman Detik.com, Sylvana katakan, “Lokasi kejadian ini berada di hutan cadangan PT Condong dengan luas hutan 5 Ha dengan dikelilingi tanaman karet yang berseberangan dengan perum Perhutani. KRPH Panyindangan berdekatan dengan permukiman warga. Satwa jenis macan tutul mati diracun warga,” Selasa (03/11/2015).

Menurut Sylvana, petugas belum tahu kabar terkait macan tutul yang memangsa hewan domba milik warga setempat. Kabar tersebut baru ia ketahui setelah macan tutul tersebut tewas diracun. Sylvana tambahkan, “Tahu-tahu kita dikabari setelah dikubur.”

Petugas BKSDA sendiri sudah berada di lokasi untuk menggali informasi. Hal tersebut dilakukan karena sudah jelas dalam undang-undang bahwa membunuh hewan yang dilindungi itu terlarang dan dapat dipidana. Sylvana jelaskan, “Terlebih hewan itu sudah mau hampir punah di Jawa Barat.”

Informasi terakhir, kata Sylvana, populasi macan tutul di Jawa Barat memang diambang kepunahan. Jumlahnya hanya sekitar puluhan ekor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan