RANCAH POST – Pemerintah Jepang memberikan bantuan untuk penanganan kebakaran hutan dan kabut asap yang tengah melanda Indonesia. Serah terima bantuan tersebut dilaksanakan oleh Wamenlu AM Fachir dan Dubes Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki, di kantor Kemenlu, Jumat (16/10/2015).

Tanizaki katakan, “Jepang akan mengirimkan bantuan darurat berupa substansi kimia khusus sebanyak 2 ton (2.000 liter) untuk menangani bencana kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan di Indonesia.”

Pada pertemuan tersebut, Tanizaki juga memberikan daftar dan sampel bantuan darurat kepada pihak Kemenlu. Menurut Tanizaki, bantuan darurat tersebut berupa 100 botol cairan pemadam api yang bernama Miracle Foam a+, masing-masing botolnya berisi 20 liter. Bantuan tersebut akan mendarat di Palembang pada Sabtu (17/10/2015) – Senin (19/10/2015).

Bukan hanya itu, pemerintah Jepang juga akan menurunkan seorang ahli dari Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk membantu pemadaman api dan kabut asap.

Tanizaki tambahkan, “Pemerintah Jepang berharap bantuan tersebut dapat dipakai secara baik dan efektif, serta diharapkan bantuan ini berguna untuk mengatasi bencana kabut asap tersebut.”

Pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi bantuan tersebut, hal ini juga bermanfaat untuk mempererat tali persahabatan antar kedua negara.

Share.

Leave A Reply