Berita Terkini, RANCAH POST – Sebagian umat muslim di Indonesia hari ini, Selasa (22/09/2015) ternyata sudah melaksanakan shalat Idul Adha.

Hal tersebut dilakukan oleh ribuan jamaat tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat yang merayakan Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1436H hari ini. Mereka melangsungkan shalat Id di Musala Baitul Makmur, Kelurahan Binuang Kampuang Dalam, Kecamatan Pauh, Kota Padang, mulai pukul 08.00 WIB Selasa (22/09/2015).

Dalam shalat Id tersebut, Mursyd Safry Malin Mudo ditunjuk sebagai imam dan Afrizal Tanjung sebagai Khatib, shalatnya digelar selama 15 menit kemudian dilanjutkan dengan hotbah sekitar 30 menit dengan menggunakan bahasa arab.

Edizon Revindo selaku Sekretaris Terekat Naqsabandiyah mengatakan, perhitungan penetapan Hari Raya Idul Adha digelar dengan cara melihat hilal dan hisab. Kemudian membahas hasilnya dalam sebuah rapat.

Edizon katakan, “Jika sudah ditetapkan 1 Ramadhan maka hitungan 99 sampai 100 hari kemudian baru diputuskan Hari Raya Idul Adha.”

Edizon menilai, penentuan hari Idul Adha ini sudah berdasarkan Al Quran dan Hadist. Edizon tambahkan, “Tidak ada yang berlawanan.”

Hal tersebut tentunya berbeda dengan keputusan Kementerian Agama yang menetapkan 10 Dzulhijah atau hari raya Idul Adha 1436H pada (24/09/2015).

Share.

Leave A Reply