RANCAH POST – Anda tinggal di Asia? Baiknya Anda tahu kampus mana sajakah yang termasuk kampus universitas tertua dan terbaik di Asia. Sebagaimana kampus-kampus di kawasian Asia terus meningkat seiring dukungan pemerintah yang mempertahankan standar belajar, pembangunan kampus baru dan mempekerjakan lebih banyak profesor.

Sebagaimana diketahui, ada lebih dari 4,4 miliar orang tinggal di Asia, yang merupakan benua terbesar dan terpadat di dunia. Benua dimana merupakan rumah bagi sebagian besar pusat belajar paling bergengsi, beberapa di antaranya didirikan lebih dari satu abad yang lalu.

Berikut ini 10 kampus tertua dan terbaik di Asia.

10. Universitas Raja Edward di Pakistan
King Edward Medical University merupakan sekolah kedokteran tertua di Pakistan. Didirikan pada tahun 1860 dan dua belas tahun kemudian, Rumah Sakit Mayo tergabung ke universitas ini. King Edward Medical University mengawasi tujuh rumah sakit di Lahore.

9. Universitas Keio di Jepang
Universitas Keio adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Jepang. Kampus berlokasi di kota Tokyo dan didirikan pada tahun 1858. Universitas ini memiliki 11 kampus yang tersebar di Tokyo dan Kanagawa. Kampus juga memiliki sepuluh fakultas yang meliputi Fakultas Ekonomi, Sastra, Hukum, Bisnis dan Perdagangan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Lingkungan dan Studi Informasi, Manajemen Kebijakan, Farmasi dan Keperawatan dan Perawatan Medis.

8. Universitas Madras di India
Universitas Madras didirikan pada tahun 1857. Sebuah kampus universitas negeri yang terletak di Chennai, India. Kampus riset ini memiliki enam kampus dan 73 departemen akademik yang saat ini dikelompokkan dalam 18 sekolah.

7. Universitas Calcutta, India
Universitas Calcutta adalah universitas negeri publik dan didirikan pada tahun 1857. Ini adalah lembaga pertama di Asia Selatan yang akan didirikan sebagai gaya Barat universitas multidisiplin dan sekuler.

6. Universitas Indonesia di Indonesia
Universitas Indonesia didirikan pada tahun 1849 dan merupakan universitas negeri. UI merupakan kampus tertua di Indonesia dan merupakan salah satu perguruan tinggi negeri ternama di negeri Indonesia. Universitas Indonesia terletak di Jakarta dan Depok.

5. Dhaka College di Bangladesh
Dhaka College terletak di kota Dhaka dan didirikan pada tahun 1841. Merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi pertama dan bonafid di Bangladesh. Gedung kampus sebagian dibangun dari hasil sumbangan masyarakat. Dhaka College menyediakan kelas sarjana dan master, dan berafiliasi dengan Universitas Nasional.

4. Serampore College di India
Serampore College didirikan pada tahun 1818 dan terletak di Serampore, India. Kampus memang sebuah perguruan tinggi kecil dimana mempekerjakan 47 staf, diantaranya 17 staf pengajar dan 30 staf non-mengajar.

3. Santa Isabel College Manila di Filipina
Santa Isabel College terletak di Manila, Filipina. Didirikan pada 24 Oktober 1632 dan merupakan lembaga akademis tertua ketiga di benua Asia. Pihak universitas memiliki motto, “Where love is, service is achieved“.

2. Colegio de San Juan de Letran di Filipina
Kampus ini didirikan pada tahun 1620 dan terletak di Manila, Filipina, Colegio de San Juan de Letran merupakan lembaga pendidikan private Katolik Roma Dominika. Kampus ini merupakan perguruan tinggi tertua di negara ini dan tertua kedua di Asia.

1. Universitas Santo Tomas di Filipina
Universitas Santo Tomas merupakan universitas tertua di Asia. Didirikan pada 28 April 1611 oleh Miguel de Benavides, Uskup Agung ketiga Manila. Santo Tomas adalah sebuah universitas riset swasta Katolik Roma. Pada tahun 2011, kampus universitas ini dinyatakan sebagai National Historical Landmark oleh Komisi Sejarah Nasional Filipina.

Nah guys, setelah melihat daftar universitas tertua di Asia tersebut di atas, Anda mau daftar untuk kuliah dimana? Apakah akan memilih Universitas Indonesia?

Share.

Leave A Reply