RANCAH POSTBelakangan media banyak disibukkan dengan kehadiran dari smartphone anyar Samsung Galaxy Note 5 yang mampu menyapu eksistensi dari Apple iPhone 6 Plus yang melengkung tahun lalu. Namun bukan berarti pamor Apple sendiri turun, karena diakui atau tidak, Apple memang memiliki posisi yang cukup kuat di pasaran.

Apple iPhone 6 Plus sendiri memang ditujukan untuk bersaing dengan lini handset berlayar lebar, Samsung Galaxy Note series. Namun setelah Samsung Galaxy Note 5 muncul, niat Apple ini seakan sia-sia, meski sebenarnya Apple sendiri masih punya harapan melalui handset Apple iPhone 6s Plus yang bakal meluncur bulan September medatang.

Nah, lalu benarkan Samsung Galaxy Note 5 itu sendiri telah berhasil menumbangkan Apple iPhone 6 Plus, dengan banderol harga Samsung Galaxy Note 5 sendiri yang cukup tipis dengan harga Apple iPhone 6 Plus? Mari kita bandingkan saja sekalian.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 vs Apple iPhone 6 Plus

Pertama mari kita bahas Samsung Galaxy Note 5. Dibalik harga Samsung Galaxy Note 5 yang cukup mahal, smartphone atau bisa dikatakan phablet andal baru dari Samsung ini juga menawarkan spesifikasi mempuni dengan balutan desain body super mantap dengan bahan metal alias logam.

Ia memiliki desain mempuni yang khas. Di bagian depan handset ini didesain rata dan cukup halus, sama seperti Samsung Galaxy S6. Dengan sebuah tombol home fisik di bawah layar, yang terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari. Namun jika dibalik, maka Anda akan mendapatkan sensasi rasa layaknya handset Samsung Galaxy S6 Edge atau S6 Edge+. Ini tidak heran, karena Samsung mengambil desain layar lengkung Galaxy S6 Edge+ dan meletakkannya di bagian punggung phablet ini.

Untuk spesifikasinya sendiri, Samsung Galaxy Note 5 menawarkan layar Super AMOLED 5,7 inci dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 piksel, yang menawarkan kepadatan layar mencapai 518 ppi. Layar ini sendiri dilapisi dengan pelindung kaca Corning Gorilla Glass 4 untuk menjaga layar tetap aman dari luka gores dan benturan ringan.

Di bawah layar ini ditanamkan chipset Exynos 7420 octa-core dengan CPU Quad-core 1,5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2,1 GHz Cortex-A57. Dan didukung dengan GPU Mali-T760MP8 untuk pengelolaan grafis yang lebih baik.

Handset ini juga diperkuat dengan 4GB RAM dan dua versi memori internal, dengan ukuran 32GBdan 64GB. Memori ini tidak dapat diperluas, dan ditanami dengan OS Android v5.1.1. Lollipop sebagai OS bawaan sekaligus platform
utama.

Sebuah kamera dengan sensor 16MP telah disiapkan di bagian utama dengan dilengkapi OIS, autofokus dan LED Flash. Termasuk juga kemampuan rekam video dengan kualitas 2160p@30fps dan 1080p@60fps. Serta sebuah kamera dengan sensor 5MP di bagian depan.

Handset ini juga dilengkapi konektifitas lengkap dengan slot micro-SIM berteknologi 2G GSM, 3G HSPA dan 4G LTE dengan LTE Cat9 berkecepatan 450/50 Mbps. Serta dilengkapi juga dengan WiFi 802.11, Bluetooth v4.2, GPS lengkap, koneksi NFC dan microUSB v2.0 dengan USB Host. Samsung Galaxy Note 5 ini ditenagai dengan baterai non-removeable berkapasitas 3000 mAh dengan dukungan Quick Charge dan Qi Wireless Charge.

Harga Samsung Galaxy Note 5 vs Apple iPhone 6 Plus, Spesifikasi dan Perbandingan

Selanjutnya kita bahas Apple iPhone 6 Plus. Salah satu varian besar handset iPhone sekaligus phablet pertama dari Apple. Smartphone ini dibalut dengan desain unibody berbahan metal dan dilengkapi berbagai fitur menarik seperti lapisan kaca safir di bagian kamera dan tombol home yang terintegrasi dengan pemindai sidik jari.

Bagian layar handset ini dihiasi dengan layar LED-backlit IPS LCD berukuran 5,5 inci dengan resolusi layar FHD 1080 x 1920 piksel. Layar ini sendiri memiliki kepadatan mencapai 401 ppi dan dileapisi perlindungan dari ion-strengthened glass dan oleophobic ciating. Dan dilengkapi dengan fitur display Zoom.

Di bawah layar ini tertanam chip terbaru Apple, Apple A8 dengan CPU Dual-core 1,4 GHz Cyclone (berbasis ARM v8) yang dipadu dengan GPU PowerVR GX6450 (quad-core) sebagai pengolah grafis. Ponsel lebar ini juga diperkuat dengan 1GB RAM dan hadir dalam 3 varian memori internal dengan ukuan 16GB, 64GB dan 128GB. Meski terkesan cukup minim, namun spesifikasi setingkat ini dapat menghasilkan performa mempuni yang tidak kalah dari smartphone High-End lainnya. Karena handset iPhone ini berjalan dengan platform buatan Apple sendiri, iOS 8 yang bisa diupgrade ke iOS 8.4 yang terbaru saat ini.

Apple iPhone 6 Plus ini juga menawarkan kamera utama dengan sensor 8 MP yang dilengkapi OIS, Phase Detection Autofocus, dual-tone dual-LED FLash dan fitur mempuni lain termasuk kemampuan rekam video dengan kualitas 1080p@60fps. Sehingga kamera ini tidak kalah dari kamera pada smartphone lain yang membawa sensor lebih besar. Kamera depan pada Apple iPhone 6 Plus ini juga tidak kalah hebatnya. Dengan sensor 1,2MP kamera ini dilengkapi face detection, HDR FaceTime dan lain sebagainya, termasuk kemampuan rekam video 720p@30fps.

Konektifitas yang lebih lengkap dari Samsung Galaxy Note 5. Karena handset iPhone 6 Plus ini menawarkan slot micro-SIM yang dapat digunakan dengan teknologi GSM maupun CDMA. Dengan jangkauan jaringan 3G dan 4G LTE. Serta tidak lupa dengan konektifitas NFC, WiFi 802.11, Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0. Smartphone Apple iPhone 6 Plus ini juga dibekali baterai Li-Po non-removeable dengan kapasitas mencapai 2915 mAh.

Harga Samsung Galaxy Note 5 vs Apple iPhone 6 Plus

Untuk saat ini, kedua handset ini baik Apple iPhone 6 Plus maupun Samsung Galaxy Note 5 sudah bisa dibeli dan tersedia di Indonesia. Namun karena masih baru, Samsung Galaxy Note 5 ditawarkan di sejumlah toko online nasional dengan metode pre-order.

Di Bhinneka.com misalkan, harga Samsung Galaxy Note 5 ditawarkan senilai Rp9.499.000 dengan berbagai bonus menarik . Sementara di Lazada Indonesia, harga Samsung Galaxy Note 5 ditawarkan dengan angka Rp9.999.000.

Dan untuk harga Apple iPhone 6 Plus, di Lazada Indonesia handset ini dijual dengan harga Rp12.999.000 untuk versi 64GB dan Rp10.899.000 untuk versi memori 16GB.

Share.

Leave A Reply