30.9 C
Ciamis
BerandaTeknologiInternetBerbudget Miliaran, Website Revolusi Mental Overload!

Berbudget Miliaran, Website Revolusi Mental Overload!

Berita Terkini, RANCAH POST – Baru saja diluncurkan, website yang diklaim milik pemerintah, Revolusi Mental, (revolusimental.go.id) langsung down karena diduga overload. Saat diakses, website menampilkan “Resource Limit Is Reached. The website is temporarily unable to service your request as it exceeded resource limit. Please try again later.” Sontak banyak masyarakat kecewa karena belum sempat bisa mengakses web tersebut.

Jika melihat masalah di atas, dapat diartikan bahwa website Revolusi Mental tersebut telah mencapai limit standar pemakaian CPU & RAM, maka website tersebut harus segera angkat kaki menuju hosting yang lebih mumpuni. Website berlabel pemerintah ini tidak kuat menghandle request yang kemungkinan dikarenakan spesifikasi hosting yang tidak memadai. Namun jika mengacu kepada CNN Indonesia, program Revolusi Mental ini konon menelan biaya hingga Rp140 miliar, entah kenapa produk websitenya sendiri ternyata tidak memadai.

Tak ayal lagi kondisi situs Revolusi Mental ini menjadi trending topik di dunia maya, banyak forum dan sosial media membahas mengenai down-nya website pemerintah ini. Hingga banyak memunculkan spekulasi-spekulasi yang tidak terduga termasuk rasa penasaran untuk melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai situs Revolusi Mental ini.

Berdasarkan penelusuran Rancah Post, situs revolusimental.go.id ini disimpan di penyedia hosting lokal, IDWebhost. Sementara penyedia hosting tersebut hanya menyediakan hosting shared yang bisa dibilang masih standar sehingga menyebabkan overload. Paket termahal dan tercanggih yang ditawarkan situs hosting tersebut adalah Rp690 ribu perbulan.

Berbudget Miliaran, Website Revolusi Mental Overload

Penelusuran lebih lanjut, yang membuat publik terenyuh adalah fakta bahwa hosting situs Revolusi Mental di bawah satu IP 219.83.68.84, dan jika ditelusuri maka akan muncul beberapa website yang bernaung di bawah IP tersebut, seperti pada gambar dari Kaskus di bawah ini.

Berbudget Miliaran, Website Revolusi Mental Overload

Pada hari ini website Revolusi Mental ini sudah kembali dapat diakses meski hanya menampilkan pesan “Mohon Maaf. Karena antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, server mengalami overload. Untuk itu, kami sedang dalam proses upgrade server. Terima kasih untuk dukungan dan partisipasinya. Admin. Salam Revolusi Mental!

Dan tampaknya sudah diperbaiki, begitu pula hosting tampaknya sudah diupgrade dan menggunakan CloudFlare dengan IP 104.28.9.218.

Berbudget Miliaran, Website Revolusi Mental Overload

Masih banyak lagi komentar-komentar netizen soal website Revolusi Mental ini, mulai dari desain yang mirip dengan website Barack Obama, CMS yang digunakan, kualitas design dan juga konten yang disuguhkan. Namun, bagaimanapun juga kita patut menghargai upaya pemerintah untuk mendekatkan informasi terkini untuk masyarakat Indonesia.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here