Berita Hari Ini, RANCAH POST – Kasus yang terbilang langka kembali ditemukan dalam dunia kesehatan. Para dokter di RS Aster, Dubai, UEA, melakukan operasi yang terbilang ekstrim, yaitu mengangkat cacing yang tertanam di kelopak mata seorang wanita.

Mulanya, kelopak mata pasien bernama Vineeta tersebut membengkak. Perempuan berumur 55 tahun ini sudah beberapa kali mendatangi sejumlah klinik untuk menjalani serangkaian tes. Namun hasilnya menunjukkan gejala aneh. Penyakit tersebut dianggap misterius.

Penyakit baru tersebut diketahui penyebabnya pasca Vineeta berobat ke ke RS Aster. Dokter Vikram Mohindra yang menangani kasus ini mengatakan, Vineeta mengalami infeksi parasit, atau disebut Dirofilarisasis, akibat gigitan nyamuk.

Pasca dilakukan diagnosis, tim dokter yangg dipimpin Mohindra kemudian melakukan operasi. Mereka sukses mengangkat cacing filaria sepanjang 12 cm dari kelopak mata pasien tersebut. Beruntung kasus ini ditangani ketika masih dalam fase dini. Sehingga tidak butuh waktu lama untuk proses penyembuhannya. Menurut Emirates, Mohindara katakan, “Ini bisa menyelamatkan jiwa,” Rabu (05/08/2015).

Sementara itu, Vineeta menjelaskan, sangat penting untuk mempercayai insting dalam diri. Vineeta katakan, “Hidup saya kembali normal sekarang saya bisa melihat tanpa ada halangan.”

Berdasarkan Jurnal of Parasitic Deseas, sejak tahun 1885 telah ada 800 kasus Dirofilariasis. Harus ada kesadaran dari masyarakat untuk menangani gejala penyakit tersebut.

Share.

Leave A Reply