RANCAH POST – Seperti diketahui beberapa waktu yang lalu gempa bumi beruntun terjadi di Pulau Jawa, meliputi daerah Ciamis berkekuatan 5,7 SR dan Malang berkekuatan gempa 6,3 SR. Kejadian ini membuat masyarakat panik karena guncangan gempa yang cukup dahsyat sangat terasa.

Melihat terjadinya gempa bumi secara beruntun, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mengimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu panik atas gempa yang terjadi belakangan ini.

Hal tersebut dikatakan oleh Mochammad Riyadi selaku Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG. Ia mengungkapkan, gempa yang terjadi secara berdekatan tersebut tidak akan menimbulkan Tsunami atau adanya indikasi terjadinya gempa besar susulan.

Indonesia memang terbilang sebagai jalur gempa, terutama untuk daerah Sumatera mulai dari sebelah barat Sumatera hingga Pulau Jawa. Riyadi katakan, “Nah wilayah itulah yang memang termasuk langganan gempa. Karenanya, apabila terjadi gempa sudah tidak asing lagi,” Senin (27/07/2015).

Menurutnya, dengan insiden gempa bumi ini, Riyadi menghimbau agar masyarakat tetap tenang dengan gempa yang dirasakan. Meski demikian, warga tetap harus waspada jika terjadi gempa kecil susulan lain.

Share.

Leave A Reply