29.8 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Google Play Store yang Eror dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Google Play Store yang Eror dengan Cepat dan Mudah

RANCAH POST – Cara Mengatasi Google Play Store yang Error dengan Cepat dan Mudah. Ada kalanya ketika tengah asik menggunakan Google Play Store, kita harus berhadapan dengan berbagai masalah. Mulai dari aplikasi Google Play Store yang not responding alias tidak merespon, error ketika download, menutup tiba-tiba atau bahkan tidak dapat dibuka sama sekali, termasuk munculnya pesan eror.

Ketika hal ini terjadi, tentunya kita selaku pengguna bakalan kebingungan. Kemana lagi mencari aplikasi dan game aman selain di Google Play Store. Atau bagi mereka yang suka berlangganan Google Book, ini jelas maslah bukan. Nah, tahukah Anda, bahwa sebenarnya, Anda masih dapat memperbaiki masalah tersebut. Tergantung dari apa penyebab masalahnya.

Jika penyebabnya cukup ringan, maka Anda bisa menggunakan beberapa tips dan trik mudah saja, untuk mengatasi masalah tersebut. Nah, bagaimanakah cara memperbaiki Google Play Store yang rusak? Berikut tips dari kami.

Cara Mengatasi Google Play Store yang Error dengan Cepat dan Mudah

1. Bersihkan Cache pada Google Play STore

Error yang terjadi bisa saja diakibatkan oleh cache yang sudah terlalu banyak menumpuk. Jika hal ini yang terjadi pada Anda, maka cara mengatasinya pun tidak terlalu sulit kok. Malahan cukup mudah dan cepat. Anda juga tidak perlu menginstall atau membuang aplikasi apapun atau mereload handset Anda.

Untuk membersihkan Cache pada Google Play Store, ikuti langkah berikut:

Masuk ke menu Setting, kemudian pilih Apps >> All >> Google Play Store. Kemudian tap pada tombol “Clear Cache”. Gampang kan? Cara Mengatasi Google Play Store yang Eror dengan Cepat dan Mudah

2. Membersihkan data aplikasi Google Play Stor

Jika cara pertama tidak berhasil, cobalah dengan membersihkan semua data di Google Play Store Anda. Caranya sama seperti sebelumnya, masuk ke menu Setting >> Apps >> All >> Google Play Store. Namun kali ini tombol yang Anda tekan bukan “Clear Cache”, melainkan tombol “Clear App Data” atau “Clear Data”.

Namun ingat, bahwa cara ini memiliki resiko tersendiri. Anda akan menghapus setiap data di Google Play Store Anda termasuk data aplikasi yang diinstall, aplikasi favorit dan lain sebagainya.

3. Uninstall Update Google Play Store

Jika kedua hal sebelumnya tidak berhasil, maka mungkin ada penyebab lain yang mengakibatkan Google Play Store Anda “ngadat”. salah satu penyebabnya bisa saja merupakan update yang diinstall. Karena sebagaimana aplikasi lainnya, update pada Google Play Store juga tidak jarang membawa beberapa bug baru, atau adanya fungsi yang tidak sesuai dengan sistem intinya. Hal ini biasanya akan menimbulkan error yang mengganggu.

Hal ini masih bisa diatasi dengan meng-uninstall update untuk aplikasi Google Play Store Anda. Caranya mudah, yakni hanya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Setting >> Apps >> Google Play Store. Kamudian tap pada tombol bertuliskan “Uninstall Updates”. Hal ini akan me-reset Google Play Store Anda pada versi originalnya, sama seperti ketika pertama kali diinstall.
  • Selanjutnya Anda mungkin perlu mencari aplikasi Google Play Store yang original (bukan update), namun tetap yang terbaru. Hal ini bisa diatasi dengan mencari file APK dari Google Play Store ini di apkmirror.com.Cara Mengatasi Google Play Store yang Eror dengan Cepat dan Mudah

Nah, demikianlah sejumlah tips mengenai cara Mengatasi Google Play Store yang errror dengan cepat dan mudah dari Rancah Post. Semoga artikel dan tips di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Stay Connected

105,284FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here