Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Travel Rekomendasi Objek Wisata di Ciamis Yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Rekomendasi Objek Wisata di Ciamis Yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

RANCAH POST – Meski tidak seterkenal Kota Bandung, Yogyakarta dan kota wisata lainnya, tidak berarti bahwa Ciamis tidak memiliki objek wisata yang menantang untuk dikunjungi. Kabupaten Ciamis juga memiliki sejumlah wahana atau lokasi pariwisata, yang tentunya tidak boleh anda lewatkan.

Mulai dari lokasi wisata alam, wisata budaya hingga lain sebagainya. Nah, lalu apa mana sajakah lokasi wisata menantang di Kabupaten Ciamis yang sebaiknya Anda kunjungi? Berikut beberapa objek wisata di Ciamis sebagaimana dilansir situs Harapan Rakyat.

1. Curug Tujuh Cibolang
Curug Tujuh Cibolang terletak di Desa Sandingtaman Kecamatan Panjalu, dengan jarak lebih kurang 35 km arah utara kota Ciamis. Objek wisata satu ini menawarkan 7 (tujuh) buah air terjun (curug) yang terdapat pada sebuah bukit di kaki Gunung Sawal.

Untuk menikmati keindahan dan keasrian dari ketujuh curug ini, kita dapat melakukannya dengan mengintari bukit, mulai dari kaki bukit menuju puncak bukit, kemudian kembali lagi ke kaki bukit.

Objek wisata ini dapat diakses baik dengan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat maupun sepeda. Dan untuk anda yang gemar bersepeda, disediakan pula Mountain Bike yang dapat anda gunakan. Sembari rekreasi, anda juga bisa sekalian melakukan olahraga yang merupakan hobi anda.

Anda juga bisa naik kendaraan umum dari Terminal Ciamis jurusan Kawali Panjalu, atau langsung dari Bandung jurusan Ciamis via Panjalu.

2. Mega Wisata Icakan
Icakan merupkan salah satu lokasi wisata terbaru di Ciamis. Yang mana berlokasi di kawasan Baregbeg cikacang Ciamis. Icakan sendiri menawarkan wisata air dengan tambahan pemandangan super indah, yang mana akan mampu memuaskan mata para pecinta wisata air di priangan timur.

Nama Icakan sendiri diambil dari nama lokasi tempat ia didirikan, yakni Cikacang yang menggambarkan bahwa daerah ini pernah menjadi lokasi penghasil kacang-kacangan yang cukup menjanjikan di wilayah Ciamis.

Lokasi wisata ini cukup direkomendasikan, bagi anda yang sedang mencari tempat wisata di daerah Ciamis, dimana anda bisa menghabiskan waktu libur anda bersama keluarga tercinta.

3. Situ Lengkong Panjalu
Situ Lengkong Panjalu ini merupakan perpaduan dari dari objek wisata alam dan objek wisata budaya. Di sini, Anda akan dapat menikmati indahnya pemandangan danau (situ) dengan udara sejuk dan asri, dimana di tengah situ tersebut juga terdapat sebuah pulau kecil bernama Nusa Gede, dengan hutan lindung yang tentunya terjaga dan terawat kelestariannya.

Selain pemandangan alam yang asri, Anda juga akan bisa menikmati wisata budaya, dimana di Situ Lengkong ini, terdapat sejumlah situs sejarah yang merupakan sisa-sisa dari masa kejayaan kerajaan Panjalu di masa lalu.

Di tengah pulau Nusa Gede juga terdapat situs sejarah berupa makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora, yang dipercaya oleh warga sekitar sebagai orang yang telah membuat Situ Lengkong tersebut.

Di Panjalu, anda juga bisa menikmati wisata budaya, dan menyaksikan berbagai upacara adat yang dikenal sebagai upacara Nyangku, yang diselenggarakan setiap setahun sekali pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

4. Green Canyon
Green Canyon (Cukang Taneuh) atau juga dikenal selagai Cukang Hejo terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Posisinya sendiri berada sekitar 130 km di sebelah utara Kota Ciamis. Atau hanya sekitar31 km saja dari Pangandaran.

Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya terbentuk dari aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang dihiasi indahnya pesona stalaktif dan stalakmit, yang dapat Anda lihat di sekujur dinding tebing.

Ditambah dengan posisinya yang diapit oleh dua bukit yang dipenuhi tumbuhan dan pepohonan rimbun, menjadikan pemandangan di sekeliling dinding tebing, tampak seperti lukiasn alam yang luar biasa indah dan amat menarik untuk dijelajahi.

Untuk menuju ke Green Canyon ini, pengunjung dapat memulai perjalanan dari dermaga Ciseureuh, dengan mengendarai perahu tempel atau perahu kayuh yang banyak tersedia di dermaga. Jarak antara dermaga dan Green Canyon memiliki panjang sekitar 3 km dan akan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 30 hingga 45 menit.

Demikian ulasan mengenai objek wisata di Ciamis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi momen liburan setelah lebaran. Update juga informasi seputar Kabupaten Ciamis hanya melalui portal http://www.harapanrakyat.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,229FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan