RANCAH POST – Satoru Iwata Meninggal Dunia. Nintendo dikabarkan baru saja merilis sebuah pernyataan resmi, yang mengatakan bahwa Presiden sekaligus CEO Nintendo saat ini, Satoru Iwata telah meninggal dunia. Menurut berita yan beredar, Iwata meninggal akibat sakit tumor saluran empedu yang sudah lama ia derita.

Informasi mengenai penyakit yang tengah diderita Iwata ini memang bukanlah kabar baru, baik para pengusaha di bidang gaming Nintendo maupun para fans dan pencinta konsol game asal Jepang ini memang sudah lama tahu akan penyakit yang diderita Iwata selama ini. Namun demikian, kabar kematian dari Satoru Iwata ini masih tetap meninggalkan rasa tidak percaya, serta bekas luka yang cukup besar di benak para fans. Pasalnya, meski menduduki posisi sebagai kaisar di Nintendo, Iwata dikenal cukup aktif di kalangan fans. Ia tidak pernah absen untuk ikut berdiskusi dengan para penggemar Nintendo di situs chatting yang disiapkan perusahaan. Ia juga sering kali menerima dan meladeni pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan konsumen kepadanya.

Sebelumnya, Iwata pertama kali bergabung dengan Nintendo pada tahun 1983, dengan tujuan untuk menggarap game Baloon Fight dan EarthBound. Dua game yang sempat populer di zamannya. kemudian Iwata berhasil menduduki kursi direktur pada tahun 2000 dan tidak lama berselang, ia dipercaya untuk memimpin perusahaan asal Jepang ini, dan menjadi Presiden keempat Nintendo pada tahun 2002. Iwata juga dikenal sebagai Presiden Nintendo pertama, yang bukan dari keluarga Yamauchi, sang pendiri Nintendo.

Selain itu, Iwata juga dikenal cukup berjasa dalam menngembalikan Nintendo dari kebobrokan. Dimana sebelumnya Nintendo dikabarkan sempat mengalami penurunan penjualan, hingga nyaris bangkrut. Ketika itulah, Iwata dan sejumlah pucuk pimpinan Nintendo lain dengan ikhlas merelakan gajinya dipotong, untuk menutupi kerugian, akibat penjualan konsol yang jeblok. Terutama setelah Nintendo mengalami kerugian hingga 4 tahun berturut-turut.

Iwata juga cukup berjasa dalam pengembangan versi mobile dari Nintendo ini. Dengan merilis dua konsol mobile, Nintendo Wii dan Nintendo DS. Iwata juga kerap kali muncul di saluran Nontendo Direct milik perusahaan dengan acara bertajuk “Iwata Asks” yang menampilkan acara wawancara dengan para developer game.

Hingga saat ini, pihak Nintendo sendiri masih belum mengumumkan terkait penggantian Iwata sebagai presiden perusahaan. Pihaknya masih belum mengatakan siapa calon pengganti maupun kapan pergantian jabatan ini akan diberlakukan.

Share.

Leave A Reply