RANCAH POST – Indonesia menuai kekalahan 0-5 dari Vietnam pada duel perebutan medali perunggu di cabor sepakbola SEA Games 2015. Berkat hasil ini menjadikan ambisi Indonesia memperoleh medali kandas.

Melawan Vietnam di Stadion National, Kallang, Senin (15/6) siang WIB, Indonesia berharap menebus kekalahan pada laga semifinal dengan membawa pulang medali perunggu. Timnas U-23 mencoba menerapkan possession ball kala laga dimulai, namun menemui kesulitan sebab Vietnam langsung memainkan tekanan ke jantung pertahanan Indonesia.

Beberapa kali skuad asuhan Aji Santoso malah memperoleh teror di menit awal pertandingan. Sementara Timnas U-23 mencoba membalas dengan skema serangan balik.

Pada menit ke-12, skuad Garuda Muda memperoleh pecutan pertama dari Vietnam. Bek Hansamu Yama menyentuh bola dengan tangan di area kotak pinalti. Hong Quan sukses mengeksekusi sekaligus membawa timnya unggul 1-0.

Ketingalan, Indonesia makin kesulitan memainkan bola. Vietnam malah makin gencar membangun serangan. Alhasil pada menit ke-20, mereka sukses menggandakan keunggulan lewat Huy Toan Vo.

Timnas U-23 sempat memperoleh peluang emas lewat striker Muchlis Hadi dalam set up serangan balik. Tapi tendangan bekas penyerang timnas U-19 itu menyamping di sisi kiri gawang.

Malah pada menit ke-40 timnas U-23 kembali kebobolan. Kali ini Toan Vo melesakan tendangan dari luar area kotak penalti yang tidak mampu dibendung kiper Teguh Amirudin.

Di penghujung babak pertama, Vietnam kembali menambah pundi golnya lewat Nguyen Huu Dung. Paruh pertama usai dengan keunggulan 3-0 bagi Vietnam

Pada awal paruh kedua, Indonesia sempat membuat tekanan lewat tendangan jarak jauh Adam Alis. Hanya saja sepakannya masih menyamping ke kanan gawang.

Vietnam lantas sukses memperlebar keunggulan pada menit ke-70 lewat Ngoc Hai Que. Bermula dari tendangan sudut, Hai Que sukses membelokkan tendnagan rekannya.

Evan Dimas cs sempat melesakan usaha pada menit ke-79 lewat sepakan Muchlis kala one on one dengan kiper. Tapi tendangannya berhasil dihadang.

Tidak ada gol tambahan di sisa waktu, Timnas U-23 Indonesia pun dipermalukan telak 0-5. Dengan begitu, Vietnam berhak memperoleh medali perunggul cabor sepakbola SEA Games 2015.

Bagi Timnas Indonesia, ini adalah kekalahan telak ke-2 pasca digunduli Thailand juga dengan skor 0-5 di semifinal SEA Games 2015.

Share.

Leave A Reply