RANCAH POSTKongres Partai Demokrat ke-4 akan dimulai hari ini, Selasa (12/05/2015), di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur. Agenda utama dalam kongres ini adalah pemilihan dan penetapan ketua umum periode 2015 hingga 2020.

Rangkaian pembukaan Kongres Partai Demokrat ke-4 akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Dalam acara tersebut SBY selaku Ketua Umum DPP Partai Demokrat akan memberi arahan kepada anggota kongres.

SBY katakan, “Kami laksanakan kongres dengan tujuan yang baik. Tetap junjung nilai demokrasi dan sesuai dengan aturan main, harapan kita seperti itu,” kata SBY, Senin (11/05/2015).

Syarief Hasan selaku Ketua Harian DPP Partai Demokrat membantah ada persekongkolan menetapkan SBY sebagai ketua umum secara aklamasi dalam Kongres ini. Syarief mengatakan, peluang berkompetisi tetap terbuka untuk kader yang memiliki dukungan sesuai batas minimal yang ditetapkan dalam prosedur kongres.

Syarief menambahkan, dalam rancangan prosedur kongres disebutkan bahwa syarat untuk menjadi calon ketua umum harus memiliki 40% dukungan peserta pemilik suara. Usulan tersebut merupakan hasil pertimbangan peserta kongres. Namun, prosedur tersebut masih bisa berubah untuk menjaring calon ketua umum yang memiliki kualitas sepadan.

Syarief tambahkan, “Rancangannya 40%, namun kami akan buka dengan angka yang moderat sekali, cukup untuk 3 orang maju (sebagai calon Ketum).”

Sampai saat ini, ada 4 nama yang dikabarkan akan maju sebagai calon Ketum dalam kongres Partai Demokrat ke-4 kali ini, yaitu SBY, Gede Pasek, Marzuki Alie, dan Ahmad Mubarok.

Share.

Leave A Reply