Berita Rancah, RANCAH POST – Senin, 4 Mei 2015 adalah hari pertama dimulainya Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs sederajat yang secara serempak dilaksanakan pula oleh seluruh sekolah setingkat SMP/MTs di seluruh pelosok tanah air.

Dalam UN kali ini ada yang berbeda dalam standar penilaian siswanya, nilai UN tidak berpengaruh terhadap kelulusan siswanya. Hanya saja bagi mereka yang ingin melanjutkan ke sekolah unggulan/favorit tentunya harus memperoleh nilai yang baik dalam UN kali ini. Hal ini lantas tidak membuat siswa kelas IX MTs Negeri Cisontrol yang mengikuti UN menjadi leha-leha dan santai, mereka tetap mengerjakan soal-soal UN dengan serius dan nampak khusyuk.

Ditemui di ruangannya, PKM Bidang Kurikulum, Hj. Cicih, S.Ag., M.Si., menuturkan bahwa ada 108 siswa yang mengikuti Ujian Nasional kali ini yang terbagi ke dalam enam ruangan dan dengan pengawas silang yang berasal dari MTs Rancah.

“Anak-anak kami sudah siap menghadapi UN kali ini, apalagi Kamis minggu kemarin kami sudah melaksanakan istigosah dan do’a bersama demi kelancaran UN kali ini,” tutur Hj. Cicih.

Hal senada diutarakan oleh PKM Bidang Kesiswaan, Adang Fakhrudin, S.Ag., malah dirinya berharap dengan ditiadakannya standar kelulusan tersebut justru menjadikan siswa lebih giat lagi belajar demi memperoleh nilai yang memuaskan demi tercapainya cita-cita melnajutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Yang kami harapakan bukanlah nilai yang tinggi, tapi kejujuran dalam mengerjakan soal-soal UN. Percuma mendapat nilai yang bagus tapi dari cara yang tidak jujur semisal mencontek,” tandasnya.

Share.

Leave A Reply