Ini dia, 5 Alasan Mengapa Baterai Android Susah Penuh Saat Diisi Ulang

Charging Hp Android
Charging Hp Android

RANCAH POST – Ada kalanya ketika kita tengah disibukan dengan jadwal yang super ketat, sementara baterai pada ponsel kita sudah semakin melemah. Sedangkan ponsel itu sendiri sangatlah kita butuhkan untuk beraktifitas.

Adapun waktu untuk mengisi ulang daya baterai ponsel kita hanya sedikit, sangat singkat dan tidak lebih dari 15 menit saja. Wow, ini masalah namanya. Terlebih jika ponsel kita benar-benar membutuhkan waktu lama untuk bisa terisi ulang. Tampaknya orang awampun bakal menyadari, bahwa ada masalah pada ponsel ini> Kita harus benar-benar mengerti dan megetahui apa penyebabnya, sehingga kita akan dapat mengatasi masalah pengisian baterai yang lemot ini.

Beberapa pengguna ponsel Andoid juga mengalami hal ini loh. Dan jika anda juga merasa mengalaminya, maka periksa beberapa hal berikut. Mungkin salah satunya adalah penyebab masalah anda.

1. Kabel yang Bermasalah

Dilpat, diputar, dililit dan dijejalkan di tas. Inilah yang dialami kabel charger ponsel anda selama berhari-hari. Bagaimana bisa anda yakin kalau kabel tersebut tidaklah rusak. Atau, sekuat apapun dan sebagus apapun kabel yang anda gunakan, baik ia tahan lilitan, atau akan tetap bagus meski diputar-putar, usia tidak akan pernah bisa berbohong. Mungkin kabel charger yang anda gunakan sudah terlalu tua, sehingga kualitas penghantar listriknyapun menurun, dan bamm, proses pengisian daya baterai ponsel andapun bakal terhambat. Jadi Lambat!

Nah, jadi sebaiknya anda segera mengecek, bagaimana kualitas kabel charger anda. Apakah masih baik atau tidak. Coba ganti dengan kabel baru, apakah sama? Jika sama, maka mungkin faktor lain penyebabnya.

2. Sumber Daya Bermasalah

Jika anda sadar, bahwa kabel anda tidak bermasalah, atau anda sudah menggantinya dengan kabel baru, maka mungkin sumber daya listriknya yang bermasalah. Coba anda ingat kembali, dimana anda mengisi ulang baterai. Jika anda mengisi dengan cara mencolokan kabel USB dari ponsel ke laptop, maka itu sudah jelas, proses charging akan sangat lamban. Coba pindahkan ke colokan listrik di dinding, lanngsung.

Jika masih bermasalah, mungkin ada masalah dengan sumber daya. Coba ingat sudah berapa lama usia bangunan yang anda tempati. Terkadang, usia bangunan yang sudah tua akan beriringan dengan usia peralatan di bangunan tersebut, termasuk mekanisme listrik dan kabel-kabelnya. Yang mana akan menurunkan kualitas daya. Coba mengisi ulang di tempat lain, samakah?

3. Chargernya Bermasalah

Jika masih tetap lamban, maka mungkin anda perlu memeriksa charger ponsel anda. Yup, adaptornya. Coba ingat kembali, apakah adaptor yang anda gunakan adalah adaptor asli bawaan ponsel? Jika ya, maka sudah berapa lama, sudah rusakkah? Sedang jika tidak, maka tidak perlu di cek, itu artinya, charger anda benar-benar tidak cocok.

Usahakan untuk tetap mengguanakan charger bawaan ponsel. Jika rusak, maka belilah charger baru dari vendor yang sama, yang dirancang untuk ponsel anda. Jangan beli sembarangan, karena tidak jarang kasus yang menyebabkan ponsel meledak gara-gara pakai charger lokal atau charger KW.

4. Ponsel Anda Bermasalah

Jika buakan keempat hal sebelumnya yang menyebabkan pengisian daya amat lamban, maka cobalah untuk memeriksa kondisi ponsel anda. Ada kemungkinan ponsel andalah yang bermasalah. Pahit memang, namun ini faktanya. Bisa saja port microUSB pada ponsel telah usang atau rusak atau berkarat, atau mungkin justru baterai ponsel yang sudah terlalu tua atau mengalami kerusakan. Coba periksa.

Bahkan ada beberapa prosesor lama, yang tidak mendukung pengisian cepat, atau justru memperlambat proses pengisian ulang. Hal ini tidak jarang terjadi, karena kebanyakan ponsel lama mengalaminya. Tidak seperti ponsel baru, yang biasanya dilengkapi dengan teknologi pengisian daya super cepat. Seperti yang terjadi pada handset Samsung Galaxy S6 misalnya, dimana handset ini hanya membutuhkan pegisian selama 10 menit saja, untuk mendapatkan daya yang cukup, untuk bertahan selama lebih dari 4 jam. Jadi, cobalah periksa ponsel anda terlebih dahulu.

5. Anda yang Bermasalah

Mengapa demikian? Jujur, ini bukan bohong, jika kabel charger anda normal, sumber daya listrik tidak bermasalah, charger dalam kondisi prima dan ponsel anda masih baru, atau masih normal termasuk baterainya, maka mungkin anda bermasalah. Hal ini kerap kali terjadi pada beberapa kasus keluhan. Dimana pengguna mengeluh kepada pihak vendor, mengenai proses charging yang amat lama. Setelah ditelusuri, ternyata si pengguna itu sendirilah penyebabnya, dimana ia tidak dapat mengontrol tangan dan jarinya untuk lepas dari handset miliknya ketika tengah di charge.

Hal ini juga bisa saja terjadi pada anda. Aneh bukan? Anda ingin pengisian cepat, tapi jari-jari tangan anda dengan nakalnya terus menggeser-geser layar ponsel kesana kemari, bagaimana mau terisi.

Jika anda ingin mendapatkan proses pengisian daya baterai yang cepat, pastikan kondisi kabel charger, sumber daya, charger itu sendiri dan bahkan ponsel anda dalam kondisi prima. Selanjutnya biarkan ponsel beristirahat selama anda melakuakn pengisian. Bahkan jika bisa, matikan. Dijamin, baterai ponsel andapun akan dapat terisi dengan cepat.

Bagaimana, apakah anda juga pernah mengalami hal ini? Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk anda.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama