RANCAH POST – Samsung Galaxy J1, Dan Samsung Galaxy V. Keduanya merupakan handset kelas low-end, yang sengaja dirancang Samsung, untuk menjajal pasar kelas menengah ke bawah. Dan kedua handset ini sama-sama hadir dengan harga yang terjangkau, serta sudah tersedia di negara kita tercinta, Indonesia.

Umur dari kedua handset inipun tidak terpaut jauh bisa dikatakan. Samsung Galaxy V dirilis pada bulan Oktober 2014 lalu, sementara Samsung Galaxy J1 meluncur pada awal Januari 2015 lalu.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 vs Samsung Galaxy V

Baca Juga: Perbandingan Harga Samsung Galaxy J1 vs Lenovo P70, Fitur dan Spesifikasi

Untuk segi desain, kedua handset ini masih sama-sama datang dengan desain khas Samsung, yang tampak elegan dan mewah. Dan dengan ukuran body yang cukup proporsional dan bentang layar yang tidak terlau besar dan tidak terlalu kecil. Samsung Galaxy J1 hadir dengan dimensi 129 x 68.2 x 8.9 mm dan berat 122gram. Sementara Samsung Galaxy V membawa ukuran dimensi yang lebih kecil, yakni 121.4 x 62.9 x 10.7mm namun dengan bobot 122 gram. Sedikit lebih berat kan?

Sedangkan untuk layar, keduanya sama-sama hadir dengan membawa layar berteknologi TFT capacitive touchscreen, dengan resolusi yang sama, yakni 400 x 840 piksel. Namun ukuran dari layar kedua smartphone ini agak berbeda, dimana Samsung Galaxy J1 membawa layar selebar 4,3 inci dengan kepadatan sebesar 217ppi, sedangkan Samsung Galaxy V hadir dengan layar sebesar 4.0 inci dan kepadatan sebesar 233ppi.

Untuk konektifitas, kedua handset ini sama-sama dilengkapi dengan fitur sual-SIM GSM dengan jaringan 2G (GPRS dan EDGE) serta jaringan 3G HSPA 21Mbps/5.76Mbps. Serta fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot, WiFi Direct, Bluetooth 4.0, dan micro-USB 2.0.

Di sektor dapur pacu, kedua handset ini juga sama-sama menggunakan prosesor dual-core Cortex-A7 dengan clock mencapai 1,2Ghz, serta RAM sebeesar 512GB. Namun untuk ruang simpan, Samsung Galaxy J1 tampaknya lebih unggul. Meski keduanya dibekali dengan memory nternal berkapasitas 4GB, Galaxy J1 disertai slot MicroSD yang mendukung hingga 128GB, lebih besar dari slot microSD pada Galaxy V yang memiliki kapasitas maksimal hanya 64GB saja.

Dan di bagian kamera, Samsung Galaxy J1 kembali memimpin dengan menghadirkam kamera utama berkapasitas 5MP lengkap dengan autofocus dan LED Flash. Berbeda dengan Samsung Galaxy V yang hanya dibekali kamera utama berkekuatan 3,15MP saja, dengan kamera VGA di bagian depan. Sementara untuk kapasitas baterai, Galaxy V dibekali dengan baterai berkapasitas 1.500mAh, lebih kecil dibandingkan baterai pada Samsung Galaxy J1 yang berkapasitas 1.850mAh.

Harga Samsung Galaxy J1 vs Galaxy V

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy V, Handphone Android Harga Terjangkau

Untuk masalah harga, sebagai mana situs Lazada Indonesia, handset Samsung Galaxy J1 ini dibanderol dengan harga Rp. 1,5 jutaan. Sedikit lebih mahal ketimbang Samsung Galaxy V yang dihargai Rp. 1 jutaan saja.

Share.

Leave A Reply