RANCAH POST – Samsung Galaxy Core Prime dan Samsung Galaxy J1 memang tidak dapat diabaikan begitu saja. Meski memiliki waktu rilis yang berbeda, kedua handset ini bisa dikatakan cukup baru di pasar smartphone dunia. Dimana yang satu dirilis di bulan November 2014, nyaris akhir tahun lalu. Dan yang satu lagi dirilis di awal Januari kemarin. Hanya beda 2 bulan saja bukan?

Jika dilihat sekilas, Desain dari Samsung Galaxy J1 dan Samsung Galaxy Core Prime ini bisa dikatakan cukup mirip. Keduanya tampil dengan desain premium dan elegan khas Samsung. Serta dengan paduan warna yang nyaris serupa, keduanya bisa saja dikatakan sama, andai tidak ada perbedaan pada posisi kamera dan dua lubang disamping speakernya.

Baca Juga : Harga Samsung Galaxy J1 vs Galaxy Core 2 dan Spesifikasi Perbandingan

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 vs Galaxy Core Prime

Untuk ukuran, baik Samsung Galaxy J1 maupun Samsung Core Prime sama-sama hadir dengan dimensi yang ideal, dimana Galaxy J1 mengusung dimendi body 129 x 68.2 x 8.9 mm dengan berat 122g. Sementara Galaxy Core Prime hadir dengan ukuran boody 130.8 x 67.9 x 8.8 mm dengan bobot yang lebih berat, yakni 130g.

Untuk layarnya sendiri, Samsung Galaxy J1 hadir dengan layar berteknologi IPS LCD dengan ukuran 4,3 inci dan resolusi sebesar 480 x 800 piksel (dengan kepadatan layar sebesar 217ppi). Sedangkan Galaxy Core Prime hadir dengan ukuran layar yang lebih besar, yakni 4,5 inci, serta teknologi layar yang berbeda. Yakni teknologi PLS (Plane Line Switching) capacitive touchscreen. Sedang untuk resolusi layar, sama dengan Galaxy J1, 480 x 800 piksel. Yang mana membuat kepadatan layarnya lebih rendah, yakni hanya 207ppi saja.

Beralih ke sektor pacu, Galaxy Core Prime lebih dulu hadir dengan membawa teknologi chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,2GHz dengan GPU Adreno 306, yang tentunya lebih unggul dibandingkan prosesor Cortex-A7 dan GPU Mali 400 yang diusung Samsung Galaxy J1. Di bagian RAM juga sama. Galaxy Core Prime diperkuat dengan kapasitas RAM sebesar 1GB, sementara Galaxy J1 hanya membawa RAM berukuran 512Mb saja.

Untuk ruang simpan, Samsung Galaxy Core Prime hadir dengan ruang yang lebih besar, mencapai 8GB dengan dukungan slot microSD yang support hingga 64GB. Sementara Samsung Galaxy J1 harus cukup puas dengan runag yang hanya sebesar 4GB saja dan dukungan slot microSD yang sampai 32GB.

Sedangkan untuk software dan kamera, kedua handset ini sama-sama mengusung sistem operasi berbasis Android v4.4.4 KitKat dengan kamera utama sebesar 5MP, lengkap dengan LED Flash dan Autofokus. Namun sayang, untuk kamera depan, Galaxy Core Prime hadir lebih unggul dengan ukuran kamera sebesar 2MP, dimana kamera depan pada handset Samsung Galaxy J1 hanya berkualitas VGA.

Untuk konektifitas, kedua handset ini sama-sama mendukung fitur dual-SIM GSM dengan jaringan 2G (GPRS/EDGE) dan jaringan 3G HSUPA. Kecuali untuk Galaxy Core Prime dengan nomor model SM-G360, yang hanya mendukung single SIM saja. Namun lagi-lagi Galaxy Core Prime memimpin di depan, dengan membawa serta teknologi network terbaru, 4G LTE yang membawa koneksi internet super cepat.

Dan untuk fitur lainnya, keduanya bisa dikatakan sama. Keduanya mendukung konektifitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, WiFi hotspot, Bluetooth v4.0, dan micro-USB 2.0. Dan untuk daya baterai, Samsung Galaxy J1 hadir dengan kapasitas baterai mencapai 1850mAh, sedangkan Samsung Galaxy Core Prime menggunakan baterai berkapasitas 2000mAh.

Baca Juga : Samsung Galaxy Core Prime, Jelmaan dari Galaxy Core 2 dengan 4G LTE?

Harga Sasmung Galaxy J1 vs Galaxy Core Prime

Untuk banderol harga. Saat ini, sebagai mana situs Lazada Indonesia, Samsung Galaxy J1 dihargai senilai Rp. 1,5 jutaan. Sementara Galaxy Core Prime hadir dengan kisaran harga sekitar Rp. 2 jutaan. Sementara Samsung Galaxy J1 sudah melenggang di pasar Nusantara, handset Samsung Galaxy Core Prime tampaknya masih belum juga mengunjungi Indonesia. Bahkan di situs Samsung Indonesia sendiri, handset ini masih belum tampak.

Share.

Leave A Reply