RANCAH POST – Samsung Galaxy J1 memang tengah cukup populer belakangan ini. Membawa serta nama besar Samsung yang sudah tidak diragukan lagi, Samsung Galaxy J1 ini hadir dengan bandrol harga yang sangat terjangkau. Kualitas gahar, merek ternama dan harga yang murah, menjadikan handset satu ini benar-benar layaknya permata diatas tumpukan pasir. Sangat menarik dan sangat berharga.

Namun meski begitu, bukan tidak memiliki kelemahan. Harga yang terjangkau yang dibawa Samsung Galaxy J1 ini justru seakan membuka celah yang sangat lebar. Yang mana memberikan berbagai keterbatasan bagi Samsung, untuk menanamkan spesifikasi yang pantas pada handset tersebut. Lalu, apa sajakah kelemahan dari Samsung Galaxy J1 ini, Berikut kita bahas satu per satu.

Ukuran RAM Yang Sangat Minim

Berbeda dengan kebanyakan handset Android “murah” yang banyak bermunculan belakangan ini, yang menghadirkan kapasitas RAM yang cukup besar. Samsung Galaxy J1 ini justru hadir dengan membawa RAM dengan kapasitas yang terbilang sangat minim. Benar, hanya 512MB saja. Dengan kapasitas RAM sebesar ini, jangankan untuk bermain game kelas kakap, melakukan multitasking saja tampaknya akan sedikit sulit. Padahal framework yang dibawanya adalah OS Android v4.4.4 KitKat. Meski bukan yang terbaru, sistem operasi ini terbilang cukup gahar, dengan berbagai kemampuan, yang tentunya membutuhkan kemampuan hardware yang bukan main-main.

Ukuran Layar Yang Lebar dengan Piksel Kecil

Ini salah satu faktor yang mungkin akan membuat kualitas gambar pada handset ini sedikit agak kurang nyaman. Pasalnya, dengan ukuran Layar sebesar 4,3 inci, ukuran piksel yang hanay 800 x 480 piksel ini dirasa kurang memuaskan, terlebih jika digunakan untuk memutar video berkualtas tinggi atau memainkan game yang kelasnya agak berat. Kepadatan layar yang dihasilkanpun hanya sekitar 217 ppi saja.

Kualitas Kamera Depan yang Terlalu Rendah

Kamera VGA yang ditanam Samsung di bagian muka handset Samsung Galaxy J1 ini bisa dikatakan lebih mengganggu ketimbang dua faktor di atas. Masalahnya, kemampuan rendah yang dihasilkan kamera berkualitas VGA tersebut, tidak diinginkan oleh konsumen manapun. Sebut saja, ketimbang tanggung, lebih baik tidak sama sekali. Untuk apa pula kita menggunakan kamera VGA dan melakukan video calling, jika hasil yang kita dapatkan justru tidak memuaskan. Bahkan mungkin jauh dari kata itu.

Padahal, beberapa pesaing Samsung di pasar ini sudah mengerti akan hal itu. Mereka lebih berani dalam menyematkan kamera dengan kualitas yang lebih baik di bagian muka. Seperti kamera dengan ukuran 2MP misalnya. Itu lebih baik bukan? Atau jika tidak niat, Samsung bisa saja tidak menaruh kamera di bagian depan, namun lebih memaksimalkan kamera utama pada Samsung Galaxy J1 ini.

Namun semua itu kembali lagi ke harga yang dibawa handset Samsung Galaxy J1 ini, serta kembali pula kepada minat pengguna dan konsumen masing-masing. Kelebihan dan kekurangan memang lumrah dimiliki setiap ponsel, terlebih jika harganya terjangkau. Dan semua itu tergantung dengan kebutuhan pengguan sendiri.

Untuk saat ini, harga Samsung Galaxy J1 ini, sebagaimana situs Lazada Indonesia, handset ini sudah dapat dibeli mulai dari harga Rp1,5 jutaan. Harga yang pas memang, jika mengingat spesifikasi yang dihadirkannya.

Share.

3 Komentar

Leave A Reply