RANCAH POST – Sam Simon, pencipta film kartun The Simpsons dan juga merupakan seorang veteran industri televisi selama lebih dari empat dekade, meninggal dunia di usia 59 tahun di rumahnya di Los Angeles, pada hari Minggu (8/3/2015), setelah berjuang melawan kanker kolorektal. Sam Simon, yang juga penulis, kartunis, produser, showrunner, pemain poker dan dermawan telah didiagnosis mengidap kanker sejak akhir tahun 2012 silam.

Sebagaimana dilansir Rolling Stone, Simon memulai kariernya sebagai kartunis koran sebelum ia mengajukan naskah spekulatif sitkom Taxi di awal 80-an, dalam kurun waktu dua tahun, kemudian Simon didapuk untuk peran showrunner dalam serial tersebut. Dalam sikom Taxi tersebut, ia pertama kali bekerja dengan produser James L. Brooks, yang kemudian menjadi pencipta The Tracey Ullman Show pada tahun 1987. Brooks merekrut Simon dan kartunis Matt Groening untuk membuat segmen animasi untuk acara Ullman , yang pada gilirannya melahirkan The Simpsons.

Dalam The Simpsons, Simon menjabat sebagai pengawas kreatif dan berakhir pada tahun 1993 setelah empat musim, masukannya telah membuat serial ini berjalan lama. Simon membantu mengembangkan dunia Springfield, bahkan setelah ia keluar lebih dari 22 tahun yang lalu, Simon masih dikreditkan sebagai produser eksekutif dalam serial yang telah berlangsung selama 568 episode dan masih berjalan.

Simon, yang memenangkan sembilan Primetime Emmy Awards untuk karyanya dalam pertelevisian, juga memainkan peran penting pada seri seperti The George Carlin Show, Cheers, The Drew Carey Show dan yang terakhir pada Anger Management-nya Charlie Sheen.

Sehubungan Sam Simon merupakan produser eksekutif di salah satu sindikasi acara TV sebelumnya, Simon mampu menikmati dua hobinya, bermain poker dan filantropi. Simon juga sering mengikuti kompetisi turnamen poker dunia, ia juga telah menyumbangkan lebih dari USD100 juta untuk amal.

Share.

Leave A Reply