Berita Ciamis, RANCAH POST – Pembangunan Kabupaten Ciamis harus diutamakan berdampak terhadap penanggulangan kemiskinan, sehingga Pemerintah harus mengetahui potensi dan keunggulan setiap Daerah.

Dalam acara Pra Musrenbang Kabupaten Ciamis Tahun 2015 untuk penyusunan rencana kerja pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2016 bidang perekonomian yang bertempat di Aula Dinas pertanian tanaman pangan Kabupaten Ciamis, Kamis, (05/03/15), Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Ciamis, Ganjar Yusuf menyambut baik dengan usulan yang disampaikan oleh Andi Ali Fikri tentang wisata desa berbasis komunitas.

“Site plan program wisata desa berbasis komunitas yang ditawarkan tersebut diharapkan segera dibuat untuk dipresentasikan, dan duduk bersama dengan Dinas terkait juga Dewan yang berkompeten dalam bidang tersebut agar bisa dikaji bersama, bukan hanya sekedar wacana”, ungkap Ganjar.

Musrenbang tersebut dihadiri SKPD yang berkompeten dalam bidang ekonomi seperti DPPKAD, Koperindag, BPPTPM, HPPC, Distan, Dishutbun dan perwakilan dari setiap Kecamatan. Narasumber sendiri diisi dari Komisi II DPRD Ciamis Ganjar Yusuf, Wasdi dari BPPTPM, Unang dari BP4K, Kurniawan dari DPPKAD dan Nana dari Dishutbun.

“Wisata berbasis komunitas diharapkan segera diaktifkan agar dapat mendongkrak PAD Kabupaten Ciamis, sehingga tercipta destinasi wisata lokal yang nantinya dapat meminimalisir pengangguran, mengangkat ke permukaan potensi-potensi setiap Desa di Kabupaten Ciamis sehingga simbiosis mutualisme antara Pemerintah Kabupaten Ciamis dan Dinas terkait serta Masyarakat harus diakfifkan agar destinasi wisata lokal segera berjalan”, papar Andy Ali Fikri, ketua LSM CCG dalam Musrenbang tersebut. (brata)

Share.

Leave A Reply