RANCAH POST – Bagaimana jadinya, jika handset kelas menengah seperti Oppo Yoyo diadu dengan handset murah sekelas Acer Liquid Z205? Menarik bukan? Tapi jangan sampai salah, karena meski dikatakan handset murah, spesifikasi yang dibawa oleh handset Acer Liquid Z205 ini juga tidak bisa dianggap remeh.

Baiklah, tanpa buang waktu lagi, mari langsung saja kita bandingkan, kemampuan dari kedua handset ini.

Pertama di bagian layar, Oppo boleh saja puas dan senang karena Oppo Yoyo R2001 miliknya membawa layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi sebesar 960 x 540 piksel. Sementara layar pada Acer Liquid Z205 hanya sebesar 4.0 inci saja, dengan resolusi 800 x 480. Kalah memang, namun mengingat perbedaan ukuran layar dari kedua handset tersebut, kualitas dari keduanya bisa dikatakan tidak jauh berbeda bukan? Yang tentunya diluar dari kualitas teknologi IPS LCD yang dibawa Oppo Yoyo.

Di sisi konektifitas, kedua handset ini sama-sama membawa serta fitur dual-SIM GSM, koneksi Bluetooth, WiFi dan microUSB. Cukup setara memang, namun sekali lagi, Oppo Yoyo kembali mencuri posisi unggul, dengan menghadirkan teknologi HotKnot. Teknologi transfer data dengan cara menempelkan layar, yang diklaim lebih cepat ketimbang teknologi Bluetooth.

Selanjutnya, kita beralih ke bagian media. Di sisi lain, Oppo Yoyo hadir dengan kamera utama berkualitas 8 MegaPiksel, dengan disertai fitur LED flash, Geo-tagging, autofocus, touch focus, face detection, serta 2 MP kamera di bagian depan. Sedangkan Acer Liquid Z205, hanya membawa kamera utama berkekuatan 2MP. Tak dapat dipungkiri, Acer Liquid Z205 kembaali kalah telak.

Lalu di bagian penyimpanan, Oppo hadir dengan 4GB ruang penyimpanan Internan, dan disertai dengan slot microSD yang mendukung hingga 32GB penyimpanan. Ukuran ini sama dengan apa yang dibawa oleh Acer Liquid Z205. Bisa dibilang, keduanya seri dalam hal ini. Hanya saja, sayangnya Oppo Yoyo diberikan fitur O-Cloud, dengan kapasitas penyimpanan maksimal sebesar 5GB. Ini benar-benar kekalahan telak untuk Acer Liquid Z205.

YAng terakhir, di sektor dapur pacu dari kedua handset ini, dapat dikatakan jika keduanya cukup seimbang. Dimana keduanya sama sama menggunakan Chipset Mediatek MT6582 yang menjalankan prosesor Quad-core Cortex A7 berkecepatan 1.3GHz dan didukung dengan GPU Mali 400 dan 1GB RAM. Dan untuk kapasitas baterai, perbedaannya bisa dikatakan tidak terlalu jauh, Acer Liquid Z205 hadir dengan baterai berkapasitas 1300mAh, sedangkan Oppo Yoyo R2001 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 1900mAh. Cukup kecil untuk handset sekelasnya.

Namun meski Acer Liquid Z205 ini kalah telah telak di berbagai bidang, ia masih punya harapan. Kaena di bagian OS, Acer Liquid Z205 ini bisa dibilang unggul, dengan mengusung OS Android 4.4.2 Kitkat, sementara Oppo Yoyo R2001 hanya menjalankan OS Android 4.2.2 JellyBean, yang bisa dibilang cukup lawas saat ini.

Dari hasil perbandingan tersebut, tidak heran memang, jika kualitas dan kemampuan dari kedua handset ini jauh berbeda, karena tidak dapat dipungkiri, perbedaan harga dari keduanya pun cukup tinggi bisa dibilang. Namun begitu, bukan mencari pemenang tujuan dari review ini, melainkan untuk mengangkat dan membuktikan, kualitas dan kemampuan yang dimiliki Acer Liquid Z205 yang hadir dengan harga di bawah satu jutaan ini.

Untuk update harga per bulan Februari 2015 ini, sebagaimana situs Lazada Indonesia, banderol harga Oppo Yoyo R2001 dilego pada kisaran Rp2.399.000. Sementara Acer Liquid Z205 dipatok dengan banderol harga sekitar Rp725.000. Bagaimana, Anda suka?

Share.

Leave A Reply