RANCAH POST – Saat ini ponsel pintar BlackBerry sudah sangat menjamur di kalangan masyarakat khususya kaum remaja. Ya, para remaja sangat mendominasi penggunaan ponsel yang satu ini, karena Blackberry memiliki fitur BBM yang memungkinkan para remaja untuk terhubung dengan teman  dan orang lain.

Dengan adanya Blackberry, aktivitas di dunia maya akan lebih mudah dan menyenangkan karena penggunannya sangat simple. Namun Blackberry bukan tanpa masalah, karena terkadang ponsel tersebut bisa mendadak lemot dan bekerja kurang maksimal.

Apakah anda mengalami masalah tersebut? Jika iya, maka Anda harus segera mengatasinya dengan solusi yang tepat, karena jika terus dibiarkan hal itu akan membuat anda merasa jengkel dan kurang optimalnya Blackberry saat digunakan. Berikut ini kami telah merangkum beberapa tips dan cara mengatasi Blackberry yang lemot. Selamat menyimak.

Cara Mengatasi Blackberry Yang Lemot

Pastikan memori internal masih cukup
Salah satu penyebab lemotnya Blackberry adalah memori internal terlalu penuh dan mencapai kapasitas maksimal. Supaya Blackberry tetap berjalan normal, biasakan untuk selalu mengontol kapasitas memori, dan sediakan space yang cukup, jangan sampai memenuhi kapasitas maksimal. Hapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting.

Hapus cache memori pada browser
Hal ini terdengar sepele dan seringkali diabaikan banyak orang. Setelah melakukan browsing di dunia maya, mayoritas pengguna Blackberry biasanya akan langsung menutup browser tersebut tanpa menghapus cache. Hasilnya, cache semakin menumpuk dan mengakibatkan kinerja Blackberry menjadi lemot. Biasakanlah menghapus cache minimal seminggu dua kali. Caranya sangat mudah, yaitu dengan masuk ke Menu Blackberry lalu pilih browser. Setelah it masuk ke Options dan pilih cache operations. Tekan clear history. Setelah langkah tersebut selesai, semua riwayat dan cache telah terhapus sehingga kinerja android semakin ringan

Clear log
Cara ini cukup bermanfaat untuk mengatasi Blackberry yang lemot. Perhatikanlah semua hal yang mendetail seperti clear log, karena akan cukup berpengaruh pada kinerja ponsel pintar tersebut. Cara clear log adalah dengan menekan Alt+LG+LG secara bersamaan, masuk ke Menu Blackberry lalu pilih clear log.

Bersihkan memori blackberry
Banyak pengguna yang menyepelakan masalah ini sehingga kinerja Blackberry mereka lama kelamaan menjadi lemot. Jangan tiru hal tersebut, sebaliknya anda harus membersihkan memori blackberry secara rutin. Caranya adalah dengan masuk ke Menu Blackberry lalu pilih Options. Setelah itu pilih Security Options dan masuk ke Memory Cleaning. Pada tahap tersebut, ubah status menjadi Enable. Masuk ke Menu Blackberry dan tekan Clean Now.

Hapus email masuk
Para pengguna Blackberry sering tidak menyadari bahwa banyaknya email masuk bisa berpengaruh pada kinerja Blackberry. Jika email tidak dihapus dan dibiarkan menumpuk, maka kinerja Blackberry akan terasa lemot dan berat saat membuka browser atau aplikasi. Hapuslah beberapa email masuk yang sudah dibaca dan tidak dibutuhkan lagi.

Gunakan memori eksternal
Penggunaan memori eksternal sangatlah penting supaya kinerja Blackberry tetap normal. Memori eksternal tentu saja berfungsi untuk menunjang memori internal, sehingga kapasitasnya tidak mudah penuh. Penggunaaan memori eksternal sangat wajib bagi anda yang hobi mengoleksi foto, video, dan lain-lain.

BACA JUGA : Tips Mempercepat Kinerja Ponsel Android

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi Blackberry yang lemot. Untuk mendapat hasil maksimal, ikuti semua langkah di atas satu persatu. Diharapkan semua langkah di atas bisa membantu anda memecahkan masalah soal Blackberry yang lemot, sehingga kinerja ponsel pintar tersebut kembali pada kondisi normal.

Dengan demikian, aktivitas yang akan anda lakukan di dunia maya bisa kembali berjalan lancar tanpa adanya gangguan. Sekian ulasan dari kami tentang cara mengatasi BB yang lemot, semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply