Selasa, November 24, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mudah Membuat Email di Gmail

Cara Mudah Membuat Email di Gmail

RANCAH POSTEmail merupakan surat elektronik yang bisa digunakan untuk mengirim surat via internet. Dengan demikian, orang-orang akan semakin mudah dalam mengirim surat baik itu untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Anda bisa mengirim surat atau pesan dalam waktu singkat dengan dukungan koneksi internet.

Belakangan ini, email juga bisa digunakan untuk melamar kerja pada suatu perusahaan. Menarik bukan? Semua pekerjaan dan aktivitas yang berhubungan dengan surat-menyurat akan semakin mudah dan simple. Namun ternyata masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam membuat email. Apakah anda termasuk? Jika iya, kami akan membantu Anda dengan memberi ulasan tentang cara mudah membuat email.

Email tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari, apalagi jika menyangkut dunia internet. Media yang satu ini sangat diperlukan untuk kebutuhan surat menyurat dan membuat berbagai macam akun seperti sosial media, forum, dan lain-lain. Email juga bisa dimanfaatkan untuk berbelanja online, sehingga anda bisa mendapat barang tanpa harus ribet, dengan menggunakan email. Untuk mengetahui cara membuat email, silahkan simak di bawah ini.

Cara Membuat Email di Gmail

Tahap Pertama, masuklah ke situs resmi http://gmail.com
Setelah masuk, Klik pada tulisan Create An Account di bawah Form Log in.
Tulisan yang diklik tadi akan membawa anda pada halaman baru. Disitulah anda harus mengisi formulir pendaftaran sesuai data diri pribadi secara lengkap.

Formulir Pendaftaran
Masukkan Nama. Tulislah nama yang sesuai dengan KTP. Hal ini supaya data anda benar-benar valid dan tidak dianggap spam oleh google. Perlu diketahui bahwa mencantumkan nama samaran bisa saja menyebabkan akun anda dibanned oleh pihak google, karena dianggap sebagai spam atau upaya penipuan. Masukkan nama depan dan belakang secara benar.

Masukkan Nama Pengguna. Nama Pengguna adalah alamat email yang akan anda pakai nantinya. Tulislah nama pengguna sesuai dengan keinginan anda, dengan catatan nama tersebut belum dipakai oleh orang lain.

Buat Kata Sandi. Dalam membuat kata sandi, sebaiknya gunakanlah kombinasi huruf dan angka. Hal itu dilakukan supaya sandi email anda tidak mudah dibobol oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Konfirmasi Kata Sandi. Tulis ulang kata sandi yang sudah anda buat sebelumnya.

Pilih Tanggal Lahir. Isi tanggal lahir sesuai yang tercantum pada kartu identitas.

Pilih Gender. Pilihlah jenis kelamin anda.

Masukkan Nomor Ponsel. Masukan nomor ponsel yang masih aktif, karena nomor tersebut akan dijadikan sebagai nomor verifikasi, yang mana google akan mengirim kode verifikasi pada nomor tersebut untuk memastikan bahwa anda adalah real human.

Masukkan Alamat Email Saat Ini. Kolom ini khusus bagi anda yang sudah memiliki email sebelumnya. Namun jika belum punya, kolom tersebut bisa dikosongkan.

Lokasi. Isi dengan lokasi negara di mana anda tinggal.

Centang dua persyaratan dari google.

Setelah semuanya sudah terisi, lalu klik tombol Langkah Berikutnya.

Setelah itu google akan memberi kode verifikasi pada nomor ponsel yang anda tulis tadi. Biasanya kode verifikasi akan terkirim dengan cepat, namun terkadang harus menunggu beberapa menit.

Jika anda sudah menerima pesan dari google, masukkan kode verifikasi pada kolom yang sudah disediakan. Lalu klik Verifikasi.

Anda akan dibawa ke halaman profil. Masukanlah foto pribadi anda. Namun jika dirasa tidak perlu, anda bisa masuk ke tahap selanjutnya.

Anda akan di bawa ke laman gmail, selesai!

Gmail merupakan salah satu email gratis yang dibuat oleh perusahaan Google, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menggunakannya. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet yang stabil untuk menunjang proses pembuatan dan pemakaiannya. Terdapat pula beberapa penyedia email gratis lain, dan akan kami ulas di postingan yang akan datang.

Itulah cara mudah membuat email baru. Cukup mudah bukan? Setelah semua proses di atas dijalankan dengan benar dan tersusun, maka Anda akan memiliki akun email pribadi yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. Selain untuk surat menyurat, Gmail juga merupakan salah satu syarat untuk membuat berbagai akun lain seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dan lain-lain. Jadi kesimpulannya, email sangat memiliki peran penting dalam dunia kerja dan aktivitas sehari-hari, khususnya yang berkaitan dengan internet. Terima kasih sudah membaca ulasan kami tentang cara membuat email baru. Semoga bermanfaat.

4 KOMENTAR

  1. kalau misalnya nomor hp yang ditambahkan tersebut sudah pernah digunakan untuk mendaftar email masih bisa ga gan??? trims sebelumnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here