RANCAH POST Cita Citata kini kembali menjadi buah bibir berbagai kalangan publik. Pasca naik daun usai peluncuran lagu terbaru Cita Citata hingga masalah rumah tangga dengan sang suami. Kini, penyanyi Goyang Dumang ini kembali perbincangan karena disebut telah melecehkan warga Papua.

Hal itu bermula kala Cita Citata mengisi sebuah acara dengan memakai busana khas Papua. Tapi kala menjelaskan mengenai tata rias dan kostum, Cita justru melontarkan komentar yang dianggap melecehkan warga Papua.

Dalam sesi wawancara mengenai kostumnya, Cita Citata ungkap, “Tetap masih cantik, mukanya harus dicantikin. engga kayak Papua, kan?”. Komentar Cita tersebut langsung mendapat respon kritikan dari tokoh perwakilan warga Papua yaitu John Gluba Gebze. Terlebih melalui pengacaranya, yakni H. Deddy Djunaedi SH, John akan segera mensomasi Cita Citata dan melaporkannya ke DPR, Komnas HAM dan Unit Cyber Crime Polda.

John ungkap, “Dalam sebuah acara dia (Cita Citata) tampil mengenakan atribut khas Papua berupa atribut Cendrawasih. Ada perkataan dia yaitu ‘cantik kan, engga seperti papua’, kami tak nyaman dengan ungkapan tersebut, saya sebagai perwakilan orang Papua merasa tersinggung. Ini sudah masuk diskriminasi dan rasisme.”

Sedangkan Cita Citata sendiri langsung melakukan tepisan soal pemberitaan tersebut. Cita menjelaskan bahwa ia bermaksud kata “tidak seperti Papua” itu untuk tata riasnya. Dijelaskan lagi, tata rias yang dipakai kala acara tersebut ditampilkan tanpa ada coretan di wajah dan inilah yang membedakan tata rias atau busananya dengan ciri khas adat Papua.

Share.

Leave A Reply