RANCAH POST – Menikah merupakan salah satu penentuan besar yang menyangkut masa depan anda. Tidak ada yang bisa mengintervensi anda untuk menikah cepat, kecuali jika sudah siap baik mental dan material.

Disisi lain, masih banyak saja orangtua yang menyuruh anaknya untuk menikah cepat dengan alasan ingin segera menimang cucu. Terkadang mereka melakukan hal tersebut tanpa melihat bagaimana kondisi percintaan sang anak.

Supaya desakan menikah cepat yang ditekankan oleh orangtua dapat diredam, anda perlu melakukan komunikasi yang terbuka antara kekasih dan orangtua, untuk membicarakan masa depan yang ingin dijalani anda dengan pasangan.

Menurut Pakar Psikolog Ratih Ibrahim, “Anda dan pasangan yang menjalani hubungan, maka kalian juga yang memutuskan apa yang terbaik untuk hubungan tersebut. Komunikasikan dan rencanakan dengan pasangan komitmen kedepannya, tentunya yang terbaik untuk kalian. Pernikahan merupakan keputusan besar dan harus dipikirkan secara matang. Nah, dikarenakan hal demikian sebaiknya rencana pernikahan harus berasal dari kesiapan kalian.”

Setelah mendiskusikannya dengan pasangan, selanjutnya bicara kepada orangtua. Anda harus pintar mencari waktu yang tepat seperti dalam keadaan tenang dan menyenangkan. Presentasikan kepada orangtua apa yang direncanakan anda bersama pasangan dan berikan pengertian akan apa yang sedang rasakan saat ini. Dengan cara seperti itu orangtua akan dapat mengetahui dan memahami alasan kenapa anda dan pasangan belum mau menikah cepat.

Share.

Leave A Reply