26.2 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mempercepat Kinerja Handphone Android Yang Mulai Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Handphone Android Yang Mulai Lemot

RANCAH POST – Sudah bukan rahasia umum jika kecepatan perangkat atau handphone Anda lebih tergantung pada kapasitas RAM, daripada daya dan kecepatan prosesor itu sendiri. Semakin lama dipakai, handphone akan semakin terasa lambat atau lemot dan itu pasti sangat menjengkelkan. Nah, bagaimana cara mempercepat kinerja handphone Android itu sendiri agar tidak lemot?

Masalah yang ada pada handphone Android saat ini adalah sistem operasi (OS) mengambil terlalu banyak RAM, menyisakan sedikit RAM untuk keperluan lain seperti game, aplikasi dan browsing internet. Alhasil, perangkat menjadi lemot, salah satu yang dapat membuat pengguna menjadi stres. Handphone mengkonsumsi RAM untuk mentransfer data dan membutuhkan kapasitas yang lebih pada perangkat, akan semakin mudah bagi perangkat untuk menjalankan beberapa operasi pada saat bersamaan.

Berapa banyak RAM yang dimiliki handphone
Saat ini, kapasitas RAM tertinggi yang ditemukan pada perangkat Android adalah 3 GB. Yang telah menjadi standar pada perangkat unggulan seperti Galaxy Note 4, Nexus 6, Droid Turbo dan beberapa handphone lain. Smartphone yang dirilis dalam empat atau lima bulan ke belakang selama tahun 2014 masih menggunakan 2 GB RAM.

Mengapa handphone semakin lama semakin lemot?
Ketika Anda menghidupkan handphone untuk pertama kalinya, OS akan mengambil RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsinya dengan benar dan membiarkan sisanya untuk aplikasi lain. Namun, bagaima jika kita menginstal aplikasi-aplikasi baru setidaknya seminggu sekali. Sementara semua aplikasi tersebut menggunakan RAM. Meskipun sistem operasi Android cukup rasional dalam penggunaan RAM, setelah Anda menggunakannya selama beberapa bulan, maka secara dramatis handphone akan menjadi lebih lemot. Untuk perangkat yang belum di root hendaknya membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup, karena hal tersebut akan menyedot AM. Beberapa aplikasi yang berjalan di background akan mengurangi kecepatan dan kinerja handphone Anda.

Cara membatasi aplikasi?
Untuk membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di belakang, Anda harus menuju ke menu Settings, Applications dan kemudian Application Manager. Dalam menu tersebut akan ditemukan laporan lengkap dari semua aplikasi yang terinstal pada perangkat handphone Anda. Jika Anda ingin menonaktifkan aplikasi, masuk, lalu klik disable. Menonaktifkan beberapa aplikasi dapat menyebabkan masalah dalam memfungsikan perangkat. Oleh karena itu, Anda harus menonaktifkan hanya aplikasi yang Anda yakin.

Bersihkan cache
Salah satu cara mempercepat kinerja handphone Android Anda adalah secara teratur membersihkan memori cache. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda temukan di Play Store. Namun, kami sangat merekomendasikan Clean Master sebagai salah satu yang pembersih cache terbaik. Membersihkan cache secara otomatis dan menonaktifkan aplikasi yang bekerja di belakang, namun dengan cara yang aman.

Instal RAM Expander
Jika perangkat Anda pernah di root dan mendukung kartu microSD, Anda dapat meningkatkan RAM dalam perangkat untuk membantu kinerja handphone. Sebuah aplikasi RAM expander yang direkomendasikan adalah aplikasi ROEHSOFT RAM Expander. Namun harap diperhatikan, sebelum men-download aplikasi tersebut, hendaknya dipastikan terlebih dahulu apakah perangkat handphone Anda kompatibel dengan aplikasi tersebut, cek dengan bantuan aplikasi MemoryInfo dan Swapfile Check.

Jika handphone Anda memang kompatibel, Anda dapat memulai RAM Expander dan memberikan akses root ke aplikasi. Pilih nilai optimal untuk partisi, dan Anda akan mendapatkan perangkat handphone dengan kinerja yang lebih cepat dan lebih kuat. Perlu dicatat bahwa dengan RAM Expander, kartu microSD Anda tidak akan tersedia untuk digunakan pada komputer pribadi.

BACA JUGA : 6 Tips Agar Baterai Handphone dan Laptop Tahan Lama

Demikian tips dan cara mempercepat kinerja handphone Android yang mulai lemot, Anda bisa mempraktekkannya sendiri pada handphone Anda. Anda juga bisa berbagi pengalaman apabila telah mengaplikasikan cara di atas dengan mengisi komentar di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat!

Stay Connected

105,080FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here