Jumat, 5 Juni 2020
Beranda Teknologi Info Gadget Terbaru Diadu, Sony Xperia Z3 vs Xiaomi Mi4, Spesifikasi, Fitur dan Harga

Diadu, Sony Xperia Z3 vs Xiaomi Mi4, Spesifikasi, Fitur dan Harga

RANCAH POST – Bagaimana jadinya jika handset Andal buatan Jepang, Sony Xperia Z3 diadu dengan handset andal dari China, Xiaomi Mi4? Yap tentunya, pertarungan mereka pasti akan sengit. Karena baik kualitas maupun spesifikasi dari kedua handset ini bisa dikatakan cukup setara. Namun kesetaraan ini jugalah yang membuatnya asik untuk dibahas.

Meskipun di sisi lain Sony sudah cukup mapan dan kuat dengan merek dan nama besar yang ia miliki, Xiaomi tetap takan mau kalah. Terlebih di tengah popularitasnya yang terus meroket belakagan ini. Jika tidak melakukan tindakan ekstrim, maka tak mustahil jika nantinya, Xiaomi dapat menyingkirkan Sony. Terlebih persaingan harga yang ditawarkan Xiaomi cukup ketat untuk dilayani Sony.

Meski pertarungan bisnis dari kedua perusahaan ini terlalu luas untuk dibahas, kita mungkin masih bisa membahas kualitas dari handset andalah dari kedua perusahaan ini. Jadi, tanpa membuang waktu lagi, kita langsung bahas saja.

Display dan Dimensi

Display dari kedua handset ini sebenarnya cukup mirip. Keduanya sama-sama membawa layar IPS LCD, beresolusi 1920 x 1080 piksel. Perbedaannya mungkin terletak pada ukurannya, dimana layar pada Xperia Z3 berukuran 5,2 inci. Sekitar 2 inci lebih besar dari layar Mi4 yang berukuran 5 inci saja. Namun meski kalah besar, layar yang dibawa Mi4 bisa dikatakan lebih unggul dari sisi kepadatan, dimana ia membawa kepadatan mencapai 441ppi, sementara layar yang dibawa Xperia Z3 hanya mencapai kepadatan 424ppi saja.

Sedangkan untuk masalah dimensi, sepertinya Xiaomi Mi4 tampak lebih kecil dan tebal jika disandingkan dengan Sony Xperia Z3. Hal ini jelas saja, karena Mi4 hadir membawa ukuran dimensi 68.5mm x 139.2mm xx 8.9mm, sementara Xperia hadir dengan dimensi 72mm x 146mm x 7,3mm. Namun meski lebih tebal, berat dari Xiaomi Mi4 terbilang lebih ringan dengan berat sebesar 149gram saja, sementara Xperia Z3 memiliki bobot seberat 152gram.

Desain

Untuk desain, ya sudah jelas bahwa Sony Xperia Z3 hadir dengan desainya sendiri. Desain khas yang dibalut dengan material logam dan kaca ini juga membawa bezel layar yang sangat tipis.

Sedikit berbeda dengan Sony XPeria Z3, Xiaomi Mi4 justru membawa desain yang sedikit mengarah ke desain dari handset iPhone buatan Apple. Meskipun material yang dibawanya merupakan campuran plastik dan metal. Bagian metal dari handset ini terletak pada bagian tepi body. Sedangkan bagian belakang masih memakai bahan plastik, meskipun kabarnya, dalam waktu dekat ini, pihak Xiaomi akan segera menggantinya dengan bahan metal.

Dapur Pacu dan Software

Jika bicara soal dapur pacu, cukup bingung juga dalam menentukan mana yang terbaik diantara handsey Xperia Z3 dengan Xiaomi Mi4. Pasalnya, kedua handset ini sama-sama ditanami dengan chip prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quad-Core berkecepatan 2,5GHz. Dan keduanya juga dilengkapi RAM berkapasitas 3GB. Yang membedakan kedua handset ini mungkin ada pada varian dari penyimpanan internalnya. Dimana Xiaomi Mi4 hadir dengan versi ROM 16GB dan 62GB, sementara Xperia Z3 hadir dalam versi memori 16GB dan 32GB.

Keberadaan slot microSD pada handset Xperia Z3 juga mungkin dapat dijadikan bahan pertimbangan, mengingat Xiaomi Mi4 sama sekali tidak dilengkapi fitur tambahan ini.

Sedangkan untuk masalah Software, meski sama-sama menggunakan platform Android 4.4 KitKat, Xperia Z3 hadir lebih unggul dengan versi 4.4.4 KitKat dari Android. Sementara Xiaomi Mi4 masih tertinggal dengan Android 4.4.2 KitKat miliknya. Xperia Z3 tetap hadir dalam balutan Xperia UI. sementara Mi4 membawa MIUI 5 sebagai tampilan interfacenya.

Kamera

Untuk kamera, meski tak sama, keduanya bisa dikatakan memiliki poin masing masing. Untuk kamera utama, Xperia Z3 mampu mengungguli Mi4, dengan membawa modul kamera berkekuatan 20,7MP yang dilengkapi dengan LED Flash, Auto-Focus dan 25mm wide angel. Sementara Mi4 hanya membawa kamera sebesar 13MP saja, namun juga dilengkapi dengan fitur auto-focus dan dual-LED Flash.

Berpindah ke kamera bagian depan, Mi4 mampu membalik keadaan dengan 8MP kamera selfie yang dibawanya. Ukuran piksel yang jauh meninggalkan Sony XPeria Z3 di belakang, dengan ukuran kamera depan yang hanya sebesar 2,2MP saja.

Fitur dan Konektifitas

Di sisi fitur dan konektifitas, Xiaomi Mi4 mungkin berhasil dibanting jatuh oleh Xperia Z3. Mengingat adanya fitur tahan air dan debu dengan sertifikat IP65/IP68 yang dipegang Xperia Z3, serta hadirnya fitur eksklusif PS4 Remote Play pada Xperia Z3.

Selain itu, disamping hadirnya konektifitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, DLNA, Bluetooth 4.0 dan microUSB 2.0 di kedia handset tersebut, Xperia X3 juga turut membawa beberapa fitur konektifitas tambahan, seperti fitur NFC, WiFi Calling dan fitur TV-out (via MHL 3 A/V link).

Baterai

Mau tak mau, baterai merupakan masalah elit dalam hal smartphone, tablet maupun perangkat gadget lainnya. Karena masalah inilah, yang akan menentukan, seberapa lama handset tersebut mampu bertahan. Meski sedikit tertinggal dari Xperia Z3 yang hadir dengan baterai berkapasitas 3100mh, Xiaomi Mi4 masih bisa dikatakan kuat, karena kapasitas baterai yang dibawanya cukup mendekati Xperia Z3, yakni sebesar 3080mAh. Selain itu, kedua handset ini juga sama-sama membawa baterai abadi, alias Non-Removable.

Harga

Nah untuk masalah harga, Xiaomi tampaknya jauh lebih unggul. Handset asal China ini memang dibandrol dengan harga yang fantastis dan terbilang sangatlah murah, disamping bejibunnya fitur dan spesifikasi yang ia hadirkan. Bayangkan, saja harga dari Xiaomi Mi4 ini tidak mencapai setengah dari harga Xperia Z3.

Xiaomi Mi4 dibandrol dengan harga sekitar Rp. 3,6 jutaan saja. Sementara Sony Xperia Z3 dijual dengan harga sekitar Rp. 8,5 jutaan. Jauh berbeda bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,590FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan