RANCAH POST – Menghidangkan kue donat kentang di saat-saat hangat bersama keluarga, di tengah kehangatan berkumpulnya suami dan anak kita, bercengkrama sembari menikmati segelas teh hangat dan sepiring hidangan kue donat yang masih hangat.

Momen ang memang indah, dan mudah untuk dilakukan. Selain menambah keharmonisan keluarga, berkumpul bersama keluarga juga dapat mempererat ikatan kita satu sama lain. Sehingga akan menguatkan ikatan rumah tangga yang tengah dibina.

Namun bagaimana dengan mereka yang belum mahir dalam memasak, dan baru memulai rumah tangga? Tenang, hal ini masih bisa dilakukan kok. Kita masih bisa belajar untuk memasak dan memanjakan suami dan anak kita dengan hasil olahan tangan sendiri. Selain lebih aman dan lebih terjamin, makanan hasil olahan tangan kita sendiri itu bisa lebih meningkatkan ikatan batin diantara anggota keluarga loh. Alhasil, setelah makan, mereka jadi lebih sayang sama kamu.

Nah untuk mewujudkan hal tersebut, kita perlu lebih dulu belajar dan menguasai berbagai resep hidangan rumahan, terutama camilan. Donat kentang misalnya, janis kuliner satu ini dapat menjadi salah satu menu camilan ketika berkumpul bersama keluarga. Selain cara pembuatannya yang tergolong mudah, Donat kentang ini juga cukup populer dan banyak disukai anak-anak maupun orang dewasa. Donat kentang ini juga cukup cocok jika dihidangkan bersama segelas teh hangat.

Nah, tak perlu panjang lebar lagi, mari kita simak saja bagaimana cara membuat donat kentang yang enak dan empuk.

Pertama-tama, siapkan dulu alat dan bahan yang diperlukan. Diantaranya adalah baskom atau wadah, pengaduk, sarung tangan pelastik (khusus untuk memasak).

Selanjutnya siapkan bahan untuk adonan Donat Kentang. Diantaranya adalah 500 gram tepung terigu, 250 gram kentang, 100 ml air dingin, 100 gram gula halus, 50 gram susu bubuk full cream, 75 gram mentega, 11 gram ( 1 bungkus) ragi instant, 1/2 sendok teh garam, 4 butir kuning telur dan minyak goreng.

Sedangkan untuk topingnya, siapkan Gula donat (gula bubuk khusus donat), Coklat leleh dan Keju parut.

Masuk ke proses pembuatan.

1. Masukan tepung terigu, ragi iunstant, susu bubuk serta gula halus kedalam baskom, kemudian aduk hingga benar-benar menyatu.
2. Masukan kentang kedalam adonan, dan aduk kembali hingga menyatu dan halus.

3. Selanjutnya masukan telur kedalam adonan, aduk sebentar kemudian masukan air ke dalam adonan. Kemudia uleni adonan tersebut hingga setengah kalis.

4. Selanjutnya, masukan mentega dan garam, aduk kembali hingga benar-benar kalis. Agar adonan tersebut nantinya mengembang sempurna, diamkan dulu selama 15 menit.

5. Nah, setelah didiamkan, kini giliran membentuk donat tersebut. Anda dapat membentuknya dalam bentuk yang umum atau biasa, atau juga bisa menambahkan variasi sesuai keinginan anda. Setelah dibentuk, diamkan kembali adonan tersebut selama sekitar 20 menit.

6. Nah, kini anda hanya tinggal menggorengnya. Lalu hidangkan donat hangat ini kepada sang buah hati dan suami tercinta. Jika ingin menambahkan toping, anda dapat menggunakan bahan-bahan yang tadi disebutkan, setelah donat digoreng. Atau anda juga dapat membuat toping sendiri, biar lebih unik, itu terserah anda.

Mudah bukan, sekarang, anda dapat menikmati hangatnya donat buatan sendiri bersama keluarga tercinta, sembari bergembira ria. Selamat mencoba!

Share.

Leave A Reply