RancahPost.co.id – Bos Xbox One untuk pasar Jepang dikabarkan telah mengundurkan diri dari posisinya, dan kembali ke AS, untuk mengambil jabatan lain di Microsoft. Kuat dugaan, penyebab dari pengunduran diri Takashi Sensui ini adalah akibat merosotnya penjualan konsol game Xbox One di negerai asalnya tersebut.

Seperti dilansir laman GamesOn (29/11/2014), sejak peluncuran perdananya di Jepang, konsol game ini memang tidak mendapatkan banyak perhatian dari konsumen lokal. Berbagai foto yang menggambarkan kosongnya antrian penjualan Xbox One dan menumpuknya stok yang tidak lakupun mulai banyak beredar di Internet.

Hingga saat ini, konsol game Xbox One baru terjual sekitar 38.000 unit saja di Jepang. Angka penjualannyapun tidak mencapai 1000 unit setiap minggunya.

Angka ini sendiri sudah termasuk dengan 23.000 unit Xbox One yang terjual di empat hari pertama. Angka yang benar-benar sudah menjadi pertanda buruk bagi Microsoft, mengingat jumlah konsol Wii U dan PS4 yang sanggup mencetak angka 300.000 unit hanya dalam 2 hari pertama sejak diluncurkan.

Setelah ditelusuri, ternyata jumlah tersebut juga tertinggal jauh dari konsol game generasi sebelumnya, Xbox 360 yang dicap sebagai salah satu kegagalan paling tragis di Jepang. Namun meski begitu, di lokasi lain, Xbox One diketahui masih memiliki pangsa yang cukup luas, meskipun masih jauh untuk bisa menyaingi PS4. Hingga saat ini saja, tercatat sudah lebih dari 10 juta unit konsol Xbox One yang sukses dikirimkan kepada konsumen.

Share.

Leave A Reply