Selasa, Desember 1, 2020
Beranda Teknologi Info Gadget Terbaru Samsung Galaxy S5 vs Oppo N3: Harga, Fitur dan Spesifikasi

Samsung Galaxy S5 vs Oppo N3: Harga, Fitur dan Spesifikasi

RANCAH POSTSamsung Galaxy S5 dirilis bulan April lalu, sementara Oppo N3 baru-baru ini diumumkan dan akan hadir di toko-toko retail pada bulan November. Bagi Anda yang tertarik dengan smartphone unggulan Samsung Galaxy S5 atau Oppo N3 harus terlebih dahulu fitur, harga dan spesifikasi perbandingan ini.

Display, Desain dan Ukuran
Samsung Galaxy S5 dilengkapi layar 5,1 inci Super AMOLED dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel. Oppo N3 memiliki fitur layar yang relatif lebih besar 5,5 inci IPS LCD, namun resolusinya sama dengan Galaxy S5. Kepadatan piksel dari S5 adalah 432 ppi dan Oppo N3 adalah 403 ppi.

Sektor desain, Samsung Galaxy S5 dihiasi fitur desain titik-titik berlubang pada panel bagian belakang, yang mirip dengan ponsel Samsung high-end lainnya. Namun, smartphone ini memiliki efek matteĀ pada bodi plastik disamping eksterior yang terlihat mengkilap seperti di perangkat Samsung lainnya.

Oppo N3 memiliki bodi yang relatif besar bila dibandingkan dengan smartphone lainnya, seperti LG G3 dan Galaxy Note 4. Oppo N3 sangat padat dan menawarkan tampilan premium, berkat bingkai aluminium yang menutupi sisi-sisinya. Shell belakang terbuat dari bahan plastik yang halus. Untungnya, tidak mengkilap atau licin. Selain itu, unit kamera berputar khas dilengkapi dengan kulit seperti pada lini Samsung Note.

Dalam hal ukuran, ketebalan dan berat handset Samsung dan Oppo handset 0,32 inci dan 145 g dan 0,39 inci dan 192 g. Kesimpulannya, perangkat Oppo N3 lebih tebal dan lebih berat dibandingkan dengan Galaxy S5.

Hardware, Software dan Memori
Kedua perangkat yang didukung oleh prosesor quad-core (Qualcomm Snapdragon 801) Krait 400 dan didukung oleh 2 GB RAM. Namun, prosesor Samsung berjalan pada clock 2,5 GHz dan Oppo berjalan pada clock 2,3 GHz.

Sektor software, Oppo N3 berjalan pada OS Android v4.4.2 KitKat dengan Color OS 2.0, sedangkan Galaxy S5 berjalan pada Android v4.4.2 KitKat dengan TouchWiz UI. Dalam hal memori internal, perangkat Samsung dilengkapi dengan 16 GB dan 32 GB penyimpanan, sedangkan Oppo N3 menawarkan kapasitas penyimpanan 32 GB. Kedua perangkat mendukung slot kartu microSD untuk ekspansi hingga 128 GB.

Kamera dan Battery
Kedua ponsel memiliki unit kamera utama 16 MP. Sementara Galaxy S5 dilengkapi dengan flash LED, Oppo N3 menggandakan efek cahaya dengan dukungan dual-LED flash. Galaxy S5 dibekali unit kamera sekunder 2 MP, sedangkan kamera kedua Oppo N3 adalah 16 MP sebuah kamera berputar unik.

Oppo N3 dilengkapi dengan remote control mini O-Click Bluetooth. Pengguna N3 dapat memanfaatkan remote ini untuk memicu rana dan memutar kamera untuk klik panorama. Pada konfigurasi baterai, Oppo N3 didukung oleh Li-Po 3000 mAh baterai, sedangkan Galaxy S5 memiliki unit baterai Li-Ion 2800 mAh.

Fitur Tambahan
Kedua smartphone fitur sensor sidik jari untuk membuka smartphone. Galaxy S5 juga mendukung pembayaran mobile melalui sensor. Sementara itu, perangkat Samsung hadir tahan air dan debu (sertifikat IP67) sedangkan perangkat Oppo N3 tidak memiliki fitur ini. Kedua perangkat mendukung 4G LTE dan NFC. Meskipun demikian, Galaxy S5 juga memiliki port inframerah. Sementara perangkat Samsung menggunakan micro-SIM, ponsel Oppo merupakan varian dual-SIM dan menggunakan nano-SIM dan mikro-SIM.

Harga
Harga Oppo N3 (32 GB) dapat dibeli dengan harga Rp7,9 jutaan. Samsung Galaxy S5 (16 GB) dibanderol harga Rp6.796.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here