Minggu, November 29, 2020
Beranda Teknologi Internet Percepat Koneksi Lintas Pacific, Google Ikut Patungan $ 300 Juta

Percepat Koneksi Lintas Pacific, Google Ikut Patungan $ 300 Juta

RANCAH POST – Google dan lima raksasa telekomunikasi Asia, diketahui tengah berinvestasi untuk mengumpulkan dana sebanyak $ 300 juta, untuk kepentingan pemasangan sistem kabel serat optic baru di jalur trans-pasifik, yang disebut FASTER, yang dapat mempercepat koneksi internet dan jasa di lingkar Pasifik. Hal ini juga dikatakan akan memperpanjang sambungan antara pusat Jepang dengan California Utara, diamana akan menyediakan kapasitas bandwidth mencapai 60 terabyte per detik, yang mana diperkirakan akan cukup untuk batas hingga 60.000 gigabit konektifitas operasi.

Dilasir dari laman NBCNews (13/08/2014), Google dan beberapa raksasa teknologi lainnya juga telah aktif dalam beberapa proyek di darah tersebut, seperti pada proyek Southeast Asia-Japan Cable dan Pacfic Gateway Project.

“Sistem kabel FASTER ini memiliki kapasitas desain terbesar yang pernah dibangun di jalur Trans-Pacific, yang merupakan rute terpanjang di dunia,” pungkas Woohyong Choi, Senin (11/08/2014) ketua komite eksekutif proyek ini. “Perjanjian yang diumumkan hari ini, dijamin akan menguntungkan setiap pengguna internet Global”, tambahnya. NEC diketahui akan mengawasi penyebaran kabel ini secara aktual, dan disamping itu, ada beberapa perusahaan lain yang akan turut serta dalam proyek ini, diantaranya adalah China Mobile International, China Telecom Global, KDDI, SingTel dan Global Transit. Kabel ini diharapkan dapat mulai beroperasi¬† pada pertengahan 2016 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here