Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Berita Berita Nasional Jadwal Pendaftaran CPNS 2014 dan Prosedurnya

Jadwal Pendaftaran CPNS 2014 dan Prosedurnya

RanahPost.com – Pendaftaran CPNS akan diundur hingga akhir Agustus 2014. Tapi kepada para calon pelamar disarankan harus mempunyai persiapan menjelang pendaftaran tersebut. Prosedur pendaftaran CPNS tahun ini tampaknya tidak jauh berbeda dengan prosedur pendaftaran di tahun sebelumnya.

Sejak 2012, semua prosedur pendaftaran CPNS baik itu untuk pusat maupun daerah dilakukan secara online. Jadi, para pelamar harus paham betul dengan prosedur pendaftaran CPNS secara online ini, karena salah sedikit saja, maka bisa saja lamaran tidak menjadi valid.

Bagi para calon pendaftar yang sudah terbiasa dengan dunia online, mungkin sudah tak menjadi masalah lagi. Namun untuk para pendaftar yang baru saja terjun di dunia online, tentunya masih perlu dipandu agar bisa mendaftar CPNS dengan sukses.

Nah, untuk para calon pendaftar yang ingin mengetahui gambaran tentang prosedur pendaftaran CPNS 2014 secara online, berikut panduannya.

  1. Pendaftaran CPNS nanti akan dilakukan di website khusus instansi yang akan dilamar. NamunĀ  juga bisa mengunjungi situs pendaftaran cpns online secara nasional yakni di http://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran online tahun 2013 kemarin melalui website tersebut, jadi kemungkinan tahun 2014 juga seperti itu.
  2. Setelah membuka website pendaftaran CPNS online, silahkan isi formulir pendaftaran yang telah tersedia di sana. Setelah mengisi form pendaftaran, secara otomatis data diri pelamar akan tersimpan pada server panitia CPNS 2014.
  3. Pelamar CPNS yang telah mengisi formulir pendaftaran, dapat mengunduh (download) data formulir pendaftaran seperti daftar Riwayat Hidup Singkat, Bukti Pendaftaran, dll yang telah dimasukkan di situs pendaftaran online tadi. Hal ini sebagai validasi dokumen di instansi.
  4. Setelah itu print out data yang telah unduh tadi bersama berkas-berkas pendaftaran sesuai syarat pendaftaran CPNS 2014, seperti pas foto, surat keterangan, dll dimasukkan ke dalam amplop dan kirimkan ke alamat khusus. Namun sebagian instansi ada yang sudah tidak perlu mengirimkan berkas-berkas dalam bentuk hardcopy, melainkan dapatĀ  mengirim data yang diperlukan saja dalam bentuk softcopy dan diupload ke instansi terkait.
  5. Bagi pelamar yang memenuhi syarat mendaftar, bisa langsung mengikuti ujian TKD (Tes Kemampuan Dasar) CPNS 2014. Tes ini seperti rencana pemerintah akan menggunakan sistem online, jadi pengerjaan nantinya tidak lagi menggunakan LJK (kecuali instansi khusus). Test Kompetensi Dasar adalah test untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan sesorang jika dia bekerja atau memangku jabatan sebagai PNS. Menurut BKN, TKD ini meliputi beberapa materi tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, serta Tes Karakteristik Pribadi.
  6. Setelah tes, tunggu pengumuman hasilnya. Bagi yang lulus TKD, peserta akan mengikuti Tes Kompetisi Bidang di instansi yang memerlukan, karena tisak semua instansi mengadakan TKB ini.
  7. Terakhir, tunggu pengumuman. Pengumuman hasil TKD biasanya bisa dilihat melalui web atau media yang tersedia.

Demikian prosedur pendaftaran CPNS 2014, bagi yang hendak mengikuti CPNS, sudah sebaiknya bersegera persiapkan sejak sekarang.

1 KOMENTAR

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, bahwa dulunya saya ini cuma Tenaga Honorer di Sekolah lampung timur, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 50 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asa, namun teman saya memberikan no tlp Bpk DJOKO SUTRISNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya untuk kenaikan golongan, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan kejakarta untuk ujian, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.Drs.Djoko sutrisno, Msi no hp beliau yang selalu aktif Hp: 0823-2067-3456. terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan