RANCAH POST – Ada dua handset kelas menengah dengan harga murah yang akan meluncur bulan ini. Yang satu dari kalangan Nokia Android, generasi penerus Nokia X, yaitu Nokia X2. Sedangkan yang satu lagi adalah Motorola Moto E, yang merupakan versi murah dari Motorola Moto G. Keduanya merupakan handset yang cukup menggoda tentunya, terutama dengan harganya yang terbilang cukup ekonomis.

Jika anda berencana untuk memiliki salah satunya, maka anda beruntung. Karena di sini, akan dibahas mengenai perbandingan antara kedua handset tersebut.

Tampilan dan Desain.

Nokia X2 ini menggunakan layar yang lebih lega dari Nokia X, yaitu 4.3 inci. Sama seperti Nokia X, layar tersebut juga didukung teknologi IPS LCD dengan resolusi mencapai 480 x 800 piksel namun dengan kepadatan layar yang lebih rendah, yaitu hanya 217 ppi saja. Layar tersebut juga dilengkapi dengan perlindungan Scratch-resistant glass. Sedangkan untuk dimensi dari handset ini, Nokia memberikan ukuran 121.7 x 68.3 x 11.1 mm dengan bobot 150 gram.

Sama seperti Nokia X2, Motorola Moto E juga menggunakan layar dengan ukuran 4.3 inci, namun dengan resolusi yang lebih tinggi, yaitu 540 x 960 piksel. Layar dari Moto E ini juga terlindungi oleh proteksi layar dari Corning Gorilla Glass 3, yang akan membuatnya bertahan dari benturan dan goresan. Tidak terlalu jauh berbeda dengan Nokia X2, handset Moto E ini hadir dengan dimensi 124.8 x 64.8 x 12.3 mm dan berat 142 gram.  Ukuran yang terbilang kecil dan cukup ringan, sehingga akan mudah untuk dibawa-bawa.

Hardware dan Sistem Operasi

Dari sisi hardware, Nokia Android terbaru ini menggunakan prosesor dual-core dengan kecepatan clock mencapai 1.2 GHz yang juga dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 200 yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 1GB. Sedangkan dari sisi Software, Nokia X2 ini terbilang cukup tertinggal, mengingat ia malah menggunakan OS Android versi 4.3 (JellyBean).

Untuk segi hardware, handset Motorola Moto E ini bisa dibilang setara dengan Nokia X2, dimana ia menggunakan prosesor dual-core  Cortex-A7 berkecepatan 1.2GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 200 dengan dukungan GPU Adreno 302. Namun dari sisi software, Motorola Moto E ini bisa dikatakan mengungguli Nokia X, dimana ia sudah menggunakan OS Android dengan versi 4.4.3 KitKat yang terbilang cukup baru.

Kamera dan Fitur

Dari sisi Kamera, Nokia X2 ini bisa dibilang mengungguli Motorola Moto E, dimana ia membawa dua buah kamera. Kamera utama yang berukuran 5MP dan kamera VGA di bagian depan. Selain itu, seri terbaru dari Nokia Android ini juga mendukung beberapa fitur unggulan lain, diantaranya seperti, Stereo FM radio with RDS, GPS dan JAVA. MP3 dan MP4 Player, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth versi 4 dan USB, serta masih banyak fitur yang lainnya. Salah satu fitur yang menarik adalah adanya dukungan fitur dual-SIM dan pentimpanan internal berukuran 4GB dengan slot microSD yang mendukung hingga 32GB.

Motorola Moto E sendiri hanya menggunakan satu kamera tunggal berukuran 5MP. Sehingga kurang cocok untuk para pencinta selfie dan pengguna video calling. Untuk fiturnya, handset KitKat murah ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti fitur 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS, FM Radio dan juga jaringan dual SIM card. Ia juga dibekali penyimpanan internal sebesar 4GB dan slot microSD yang support hingga 32GB.

Harga

Smartphone Nokia Android terbaru ini, yaitu Nokia X2 dikabarkan akan dijual dengan harga Rp 1,9 jutaan. Sedangkan Motorola Moto E dikabarkan hadir dengan harga yang lebih murah. Yaitu sekitar Rp 1,6 jutaan. Namun belakangan ini, ia muncul sebagai pre-order di situs jual beli online yang cukup ternama di Indonesia, yaitu Lazada.co.id, dengan harga 1,949 juta. Jadi, sudah anda putuskan akan memilih handset yang mana? Nokia Android terbaru, Nokia X2, atau versi murah dari Motorola Moto G, Motorola Moto E?

Share.

2 Komentar

Leave A Reply