Rabu, November 25, 2020
Beranda Teknologi Internet Menjelang Bulan Ramadhan, Indosat Perbesar Kapasitas Layanan

Menjelang Bulan Ramadhan, Indosat Perbesar Kapasitas Layanan

RANCAH POST – Sudah tidak mengherankan lagi, jika para penyedia layanan operator dalam negeri mulai bersiap-siap untuk meningkatkan layanannya menjelang bulan ramadhan dan hari raya lebaran. Salah satu operator nasional yang juga telah menyiapkan kapasitas layanan yang lebih besar dari hari-hari biasa adalah Indosat.

Meskipun pada Ramadhan tahun lalu, trafik voice dan SMS tidak tumbuh, tapi Indosat tetap akan meningkatkan kapasitas layanan untuk tahun ini. Sedangkan trafik data diyakini akan selalu tumbuh, seperti hari-hari biasanya.

“Ramadhan tahun lalu, trafik voice dan SMS bisa dibilang tidak naik. Sedangkan trafik data selalu mengalami pertumbuhan. Namun kita tetap sediakan kapasitas yang lebih besar untuk Ramadhan dan Lebaran tahun ini,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) Indosat, Alexander Rusli di sela-sela acara Launching Program Ramadhan Indosat, di Kantor Pusat Indosat Jakarta, Senin (16/6/2014).

Rata-rata trafik harian Indosat pada tahun ini untuk voice adalah 5,48 juta Erlang per hari, 711,6 juta SMS per hari, dan 234,4 TByte data per hari. Trafik ketiga layanan tersebut diprediksi akan mengalami peningkatan, baik pada awal Ramadhan maupun saat Lebaran.

Untuk awal Ramadhan, trafik voice diprediksi menjadi 6,6 juta Erlang per hari atau 396 juta menit pembicaraan par hari, 910 juta SMS per hari, dan data menjadi 228 TByte per hari.

Sedangkan untuk Lebaran diprediksi trafik voice menjadi 6,8 juta Erlang per hari atau 409 juta menit pembicaraan per hari, 1038 juta SMS per hari, dan 254,9 TByte per hari.

Untuk membuat kualitas layanan tetap terjaga, Indosat menyiapkan kapasitas yang lebih besar untuk Ramadhan dan Lebaran. Kapasitas voice yang disiapkan adalah 15,4 juta Erlang per hari atau sama dengan 924 juta menit pembicaraan per hari, 1,45 miliar SMS per hari, dan 335 TByte data per hari.

Alex menuturkan bahwa Indosat juga telah menyiapkan berbagai hal untuk menjaga jaringan dan peningkatan kapasitas. Di antaranya membentuk tim Persiapan Lebaran yang terdiri dari seluruh unit operasional jaringan Indosat, dan membentuk Command Center yang akan mulai beroperasi pada H-3 hingga H+2.

Mereka bertugas melakukan pengawasan terhadap kondisi jaringan Indosat selama 24 jam. Selain itu, Indosat juga melakukan upgrade jaringan, serta menggelar drive test sepanjang jalur mudik untuk memastikan kesiapan kualitas jaringan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami pasti menjaga jaringan dan menaikkan kapasitas untuk Ramadhan dan Lebaran,” ungkap Alex.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here